Find Us On Social Media :

Sudah Lakukan Diet dan Olahraga Tapi Tetap Saja Gemuk, Kok Bisa?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 2 Agustus 2019 | 07:00 WIB

Sudah diet dan olahraga tapi kok tetap gemuk?

Intisari-Online.com – Setiap orang yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal tentunya melakukan bermacam usaha. Antara lain diet dan olahraga.

Sayangnya, banyak juga orang yang mengeluhkan berat badannya tak jua berkurang, padahal sudah melakukan diet ketat dan juga berolahraga.

Sebaliknya, ada orang yang makannya tidak diatur namun tubuhnya selalu langsing.

Contoh tersebut hanyalah sedikit dari banyaknya kasus yang menunjukkan bahwa faktor genetika (DNA) sangat berpengaruh terhadap kesehatan serta bagaimana tubuh merespons nutrisi dan kebiasaan olahraga. Ilmu yang mempelajari hubungan keduanya disebut nutrigenomik.

Baca Juga: Divonis Dokter Tak Mungkin Hidup Sampai 50 Tahun, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badannya

"Ini bisa menjadi pendekatan untuk menerapkan pola hidup sehat berbasis genetik," kata Product Specialist Laboratorium klinik Prodia, Siska Darmayanti, S.Si, M. Farm pada acara SOGO Department Store anniversary di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Dengan melakukan tes genetik, kita bisa mengetahui pola makan dan olahraga yang sesuai dengan gen kita sehingga pola hidup yang diterapkan lebih efektif bagi kesehatan.

Lebih jauh, menerapkan pola makan dan olahraga yang tepat bagi diri kita secara personal bisa menjauhkan kita dari munculnya penyakit tidak menular, di antaranya obesitas, diabetes, penyakit metabolik, dan lainnya.

Di Indonesia, nutrigenomik menurut Siska masih sangat baru dan belum semua dokter gizi klinik menerapkannya.

Baca Juga: 4 Manfaat Jika Anda Rutin Konsumsi Bubur Ketan Hitam di Pagi Hari, Termasuk untuk Turunkan Berat Badan

Untuk melakukan tes ini, kita cukup melakukan pengambilan sampel darah di laboratorium, sekitar 3 ml. Kemudian, gen terkait nutrisi dan olahraga kita akan dideteksi.

Karena bukan pemeriksaan yang bersifat diagnosis, maka pemeriksaan ini bisa dilakukan dalam kondisi apapun.