Find Us On Social Media :

Ini 7 Penyakit yang Bisa Diungkap Lewat Gigi Anda, Mulai dari Diabetes Hingga Penyakit Autoimun

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 14 Juni 2019 | 07:00 WIB

Kesehatan gigi

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda perhatikan gigi Anda? Apakah gusi Anda merah dan bengkak, atau ada kerusakan gigi?

Dokter gigi dilatih untuk menemukan lebih dari sekadar rongga mulut. Ya, masalah gigi di mulut Anda ini mungkin menandakan masalah kesehatan yang terjadi di tempat lain di tubuh.

Seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut ini 7 tanda penyakit yang bisa diungkapkan dari gigi Anda.

Anda mungkin menderita diabetes tipe 2

Baca Juga: Gara-gara Terjadi Ini saat Tidur, Gigi Goyang Bocah Ini Bersarang di Saluran Udara Menuju Paru-parunya

Gusi merah dan bengkak yang mungkin berdarah adalah ciri khas penyakit periodontal, suatu kondisi yang umum menyerang lebih dari 47 persen orang berusia 30 tahun ke atas dan lebih dari 70 persen orang dewasa berusia 65 tahun ke atas, menurut CDC.

Penyakit periodontal disebabkan oleh bakteri di mulut yang menginfeksi jaringan dan membuat plak. Penyakit periodontal juga dapat membuat gula darah lebih sulit dikendalikan.

Penelitian menunjukkan bahwa diabetes adalah faktor risiko utama periodontitis, bentuk penyakit periodontal yang lebih serius yang dapat merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi.

Faktanya, penderita diabetes tiga kali lebih rentan terkena periodontitis daripada mereka yang tidak menderita diabetes.

Baca Juga: Hilang dari Rahang, Ternyata Gigi Geraham Seorang Bocah 13 Tahun Tumbuh di Dalam Alat Vitalnya

Jika gusi berdarah banyak dan bengkak atau pasien sering mengalami abses atau infeksi, dokter gigi mulai menanyakan apakah Anda memiliki riwayat keluarga diabetes.

Diabetes bukan satu-satunya masalah kesehatan yang terkait dengan penyakit periodontal. Penyakit ini, juga terkait dengan risiko serangan jantung dan stroke.