Benarkah Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun? Fakta Ini Membantahnya!

  • Jumat, 18 Agustus 2017 09:30 WIB

Ilustrasi | tribunnews.com

Intisari-Online.com – Sudah sejak duduk di bangku sekolah kita paham, Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun atau 3,5 abad.

Salah satu faktanya adalah dalam pidato Bung Karno di tahun 1950. Waktu itu presiden pertama Republik Indonesia itu menyerukan bahwa bangsa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun oleh Belanda.

Tapi apakah benar kita dijajah Belanda lebih dari tiga abad?

Usut punya usut, bila hal ini diteliti dari segi hukum dan sejarah kolonial, Indonesia ternyata tidak dijajah Belanda selama 350 tahun!

Menurut kajian ahli hukum Gertrudes Johan Resink, Belanda mempopulerkan pernyataan ini untuk mengukuhkan kembali kekuasaan di Hindia Belanda yang sempat diambil alih Inggris.

(Baca juga: Candi-candi Padanglawas, Bukti Penjajahan Majapahit di Tapanuli)

Melalui kurikulum pendidikan saat itu, Belanda mencoba menanamkan anggapan bahwa Indonesia telah mereka kuasai sejak kedatangan Cornelis De Houtman.

Hal ini dikukuhkan melalui ucapan Gubernur Jenderal De Jonge tahun 1930-an. Kala itu ia mengatakan bahwa Belanda telah berkuasa di Hindia Timur sejak hampir 300 tahun yang lalu, dan akan tetap demikian hingga 300 tahun berikutnya.

Jika Belanda mengacu penjajahan dimulai saat De Houtman datang di tahun 1602, lalu diinterupsi pendudukan Inggris selama 5 tahun dan 3 tahun oleh Jepang,maka Indonesia dijajah selama 335 tahun oleh Belanda.

Hitung-hitungannya adalah 1945-1602-5-3=335 tahun.

Reporter : Agus Surono
Editor : Agus Surono

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×