Pantas Meski Sudah Tua, AS Bakal Terus Gunakan Pesawat Pembom B-52 hingga Usianya 100 Tahun, Ternyata Ini Alasannya

Tatik Ariyani

Editor

Sepasang pengebom B-52H Stratofortress
Sepasang pengebom B-52H Stratofortress

Intisari-Online.com -Armada tua pesawat pembom strategis jarak jauh B-52 Angkatan Udara AS (USAF) pertama kali terbang pada 1950-an.

Meski demikian, B-52 masih akan tetap beroperasi setidaknya selama 30 tahun lagi, kata Angkatan Udara AS pada 15 Desember.

Hal itu berarti B-52 akan terus beroperasi pada usia 100 tahun pada tahun 2050 nanti.

B-52 telah dan akan terus berfungsi sebagai komponen vital dari triad nuklir,” Komando Serangan Global Angkatan Udara AS (GSC) mengatakan kepada Newsweek.

Baca Juga: Padahal Militer AS Sudah Kerahkan Pesawat Pembom B-52, Afghanistan Tetap Saja Kalah Dari Taliban, Media Rusia Sebut Kesalahan Fatal Amerika Ini Jadi Penyebabnya

B-52 awalnya dirancang sebagai pembom nuklir penetrasi ketinggian tinggi, kecepatan tinggi.

Saat ini, B-52 menyediakan pembawa rudal jelajah jarak jauh dan kemampuan peluncuran menggunakan AGM-86B Air-Launched Cruise Missile (ALCM), kata GSC.

“Selama dekade berikutnya B-52 akan menerima rudal LRSO lanjutan dari ALCM,” kata GSC. “Setelah upaya ini selesai, pesawat akan memiliki umur panjang struktural yang cukup untuk melayani hingga tahun 2050-an,” kata komando tersebut, melansir The EurAsian Times, Kamis (16/12/2021).

Direktur Program Senior Boeing Bombers Jennifer Wong mengatakan kepada Newsweek bahwa angkatan udara saat ini mengerahkan 76 B-52 dan berencana untuk membuat semuanya tetap terbang melalui Program Penggantian Mesin Komersial, Program Modernisasi Radar, dan Satelit Frekuensi Sangat Tinggi Tingkat Lanjut.

Baca Juga: Meski Tua, Pantas Pembom B-52 Masih Jadi Andalan Amerika untuk Hadapi Musuh-musuhnya, Rupanya Beginilah Cara AS Merawat Pesawat Tuanya Tersebut

Terlepas dari badan pesawat, pembom B-52 saat ini adalah pesawat yang sama sekali berbeda dari pada awalnya, mengingat ruang lingkup upgrade yang besar dan komprehensif.

Melansir National Interest, Selasa (11/8/2021), B-52 dilengkapi dengan serangkaian teknologi baru yang sepenuhnya modern, mutakhir dan berwawasan ke depan.

Hal itu dimaksudkan untuk melontarkan pesawat ke lingkungan ancaman modern.

Pembaruan telah berlangsung selama beberapa dekade yang mencakup pembaruan bidang sistem dan teknologi.

Bertahun-tahun yang lalu, Angkatan Udara memulai peningkatan besar-besaran pada sistem komunikasi pesawat yang dimaksudkan, antara lain, untuk memungkinkan pengumpulan intelijen dalam penerbangan yang lebih real-time.

Sistem yang disebut Combat Network Communications Technology (CONECT), membawa kekuatan digital ke kemampuan pembom B-52 untuk membawa detail misi penting seperti informasi target baru, data medan, aktivitas musuh, atau intelijen.

Sebuah pernyataan pers Angkatan Udara tanggal 14 Juli 2016, ketika CONECT pertama kali dipasang, mengutip Alan Williams, wakil program elemen monitor pada Air Force Global Strike Command, yang mengatakan “CONECT mempertahankan gambar operasi umum antara stasiun kru di pesawat, jadi seperti memasang jalur jaringan area lokal di rumah Anda.

Semua layar di pesawat disambungkan untuk mengambil saluran yang sama.”

Baca Juga: Hari HAM: Menghormati, Menjamin dan Melindungi Hak Asasi Manusia Lainnya disebut?

Dengan CONECT, kru pilot tidak perlu hanya mengandalkan informasi misi dan penargetan yang telah diprogram sebelumnya, tetapi dapat menerima pembaruan real-time yang penting dalam perjalanan ke target dan menyesuaikan dengan perubahan keadaan ancaman.

Tentu saja, pengebom B-52 juga sedang direkayasa ulang— peningkatan kinerja yang signifikan pada pesawat.

Namun, peningkatan yang paling substansial atau berdampak mungkin adalah transisi multi-tahun ke ruang senjata internal baru untuk pembom B-52, sebuah penyesuaian yang sangat memperluas kapasitas pembawa senjata dari platform.

Upaya peningkatan ruang senjata internal baru, yang telah berlangsung selama bertahun-tahun secara bertahap, menambahkan kemampuan untuk menembakkan Munisi Serangan Langsung Bersama yang dipandu laser, Rudal Udara-ke-Permukaan Gabungan (JASSM) dan JASSM diperpanjang- rudal jarak jauh.

Pembom B-52 juga bersiap untuk menembakkan senjata hipersonik.

Sebagai bagian dari persiapan untuk mempersenjatai para pengebom dengan senjata hipersonik, Angkatan Udara melakukan simulasi tembakan dari AGM-183 Air-Launched Rapid Response Weapon pada jarak enam ratus mil laut.

Mengapa USAF Ingin B-52 Tetap Beroperasi?

Jika Angkatan Udara terus mengejar rencana yang ada, B-52 akan beroperasi hingga tahun 2050, menandainya sebagai pesawat pertama, dan mungkin satu-satunya, yang terbang terus menerus selama satu abad.

Baca Juga: Coba Tau Ini Dari Dulu, Cuma Rutin Saja Minum Kopi Sebelum Pergi Keluar, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda, Nyesel Kalau Gak Mencobanya

Selama fase desain awal, B-52 semakin berkembang menjadi pesawat dengan delapan mesin jet yang mampu terbang ribuan mil tanpa mengisi bahan bakar.

Jangkauannya saat ini sekitar 8.600 mil saat terbang dengan kecepatan 525 mil per jam dengan muatan bom 35 ton, meskipun dapat diisi bahan bakar di udara dan terbang lebih jauh.

Di Afghanistan, operator B-52 menunjukkan kemampuan mereka untuk menawarkan dukungan udara jarak dekat kepada pasukan darat menggunakan berbagai senjata berpemandu presisi.

Pembom dapat melakukan pengawasan maritim dan kontrol laut di wilayah yang luas, meletakkan ranjau jika diperlukan.

Kapasitas mereka untuk tetap di udara untuk jangka waktu yang lama membuat mereka ideal untuk pengawasan atau jamming elektronik.

Pesawat itu bukan siluman tetapi penanggulangan elektronik, umpan derek, dan tindakan lain telah dipasang pada pembom untuk menggagalkan upaya musuh untuk menargetkannya.

Pada tahun 2010, Angkatan Udara membuat keputusan untuk menghentikan penempatan bom gravitasi nuklir ke B-52, memahami bahwa misi pencegahannya bergantung pada sasaran dengan rudal jelajah dari luar jangkauan pertahanan musuh.

Salah satu alasan Angkatan Udara berencana untuk tetap menerbangkan Stratofortress hingga tahun 2050 adalah karena sebagian besar B-52 dalam armada siap beraksi dalam waktu singkat pada hari tertentu.

Angkatan Udara telah membuat kemajuan yang signifikan dalam meningkatkan tingkat kemampuan misi B-1 dan B-2, tetapi tidak ada pembom yang diharapkan dapat menandingi kesiapan tempur B-52.

Artikel Terkait