Intisari-Online.com -Pembom B-52 adalah andalan militer AS dalam banyak konflik dan musuh AS masih takut terhadap kemampuan yang dimilikinya.
B-52 Stratofortress pertama kali terbang pada tahun 1952 dan mengakhiri produksi pada tahun 1962.
Meski telah berusia tua, pembom B-52 masih digunakan hingga saat ini dan masih memiliki kemampuan untuk membawa bom dan rudal.
B-52 Stratofortress juga telah mengalami banyak pembaruan.
Saat ini, B-52 Stratofortress menjadi pengebom berjaringan digital yang dilengkapi dengan generasi baru bom yang dijatuhkan dari udara dan rudal jelajah panduan presisi.
Transformasi ini sangat signifikan sehingga pembom klasik B-52 pada akhirnya dapat terbang selama satu abad.
Program peningkatan multifaset didasarkan pada premis dasar bahwa badan pesawat berusia puluhan tahun itu sendiri kokoh, kuat, dan sangat layak untuk bergerak ke masa depan.
Beberapa penguatan dan pemeliharaan sangat penting untuk struktur, tetapi pengembang senjata Angkatan Udara mengatakan B-52 telah bertahan dalam ujian waktu.
Terlepas dari badan pesawat, pembom B-52 saat ini adalah pesawat yang sama sekali berbeda dari pada awalnya, mengingat ruang lingkup upgrade yang besar dan komprehensif.
Melansir National Interest, Selasa (11/8/2021), B-52 dilengkapi dengan serangkaian teknologi baru yang sepenuhnya modern, mutakhir dan berwawasan ke depan.
Hal itu dimaksudkan untuk melontarkan pesawat ke lingkungan ancaman modern.
Pembaruan telah berlangsung selama beberapa dekade yang mencakup pembaruan bidang sistem dan teknologi.
Bertahun-tahun yang lalu, Angkatan Udara memulai peningkatan besar-besaran pada sistem komunikasi pesawat yang dimaksudkan, antara lain, untuk memungkinkan pengumpulan intelijen dalam penerbangan yang lebih real-time.
Sistem yang disebut Combat Network Communications Technology (CONECT), membawa kekuatan digital ke kemampuan pembom B-52 untuk membawa detail misi penting seperti informasi target baru, data medan, aktivitas musuh, atau intelijen.
Sebuah pernyataan pers Angkatan Udara tanggal 14 Juli 2016, ketika CONECT pertama kali dipasang, mengutip Alan Williams, wakil program elemen monitor pada Air Force Global Strike Command, yang mengatakan “CONECT mempertahankan gambar operasi umum antara stasiun kru di pesawat, jadi seperti memasang jalur jaringan area lokal di rumah Anda.
Semua layar di pesawat disambungkan untuk mengambil saluran yang sama.”
Dengan CONECT, kru pilot tidak perlu hanya mengandalkan informasi misi dan penargetan yang telah diprogram sebelumnya, tetapi dapat menerima pembaruan real-time yang penting dalam perjalanan ke target dan menyesuaikan dengan perubahan keadaan ancaman.
Tentu saja, pengebom B-52 juga sedang direkayasa ulang— peningkatan kinerja yang signifikan pada pesawat.
Namun, peningkatan yang paling substansial atau berdampak mungkin adalah transisi multi-tahun ke ruang senjata internal baru untuk pembom B-52, sebuah penyesuaian yang sangat memperluas kapasitas pembawa senjata dari platform.
Upaya peningkatan ruang senjata internal baru, yang telah berlangsung selama bertahun-tahun secara bertahap, menambahkan kemampuan untuk menembakkan Munisi Serangan Langsung Bersama yang dipandu laser, Rudal Udara-ke-Permukaan Gabungan (JASSM) dan JASSM diperpanjang- rudal jarak jauh.
Pembom B-52 juga bersiap untuk menembakkan senjata hipersonik juga.
Sebagai bagian dari persiapan untuk mempersenjatai para pengebom dengan senjata hipersonik, Angkatan Udara melakukan simulasi tembakan dari AGM-183 Air-Launched Rapid Response Weapon pada jarak enam ratus mil laut.