Intisari-Online.com - Di tepi timur Gurun Yudea berdiri benteng kuno Masada.
Benteng ini pertama kali dibangun oleh raja Hasmoni, Alexander Jannaeus di awal abad ke-1 SM.
Sebagian besar strukturnya dibangun oleh Herodes Agung pada paruh kedua abad itu.
Setelah menaklukkan Masada pada tahun 42 SM, Masada menjadi tempat perlindungan yang aman bagi Herodes dan keluarganya selama perjuangan panjang mereka untuk berkuasa di Israel.
Selain sebagai benteng, Masada juga istana kesenangan bagi Herodes.
Setelah kematian Herodes pada tahun 4 SM, Masada menjadi pos terdepan militer, dan menampung sebuah garnisun Romawi.
Pada tahun 66 M, Pemberontakan Yahudi pertama pecah.
Catatan paling lengkap ditemukan dalam The Jewish War karya Flavius Josephus.
Menurut Josephus, sekelompok orang Yahudi fanatik, Sicarii berhasil merebut Masada dari Romawi pada musim dingin tahun 66 M.
Setelah jatuhnya Yerusalem pada tahun 70 M, Masada dipenuhi dengan pengungsi yang melarikan diri dan bertekad untuk melanjutkan perjuangan melawan Romawi.
Oleh karena itu, Masada menjadi basis operasi penyerbuan mereka selama dua tahun berikutnya.
Pada musim dingin tahun 73/74 M, gubernur Yudea, Flavius Silva, memutuskan untuk menaklukkan Masada dan menghancurkan perlawanan untuk selamanya.
Karena kondisi gurun, instalasi pengepungan Romawi, yaitu kamp, tanggul, dan benteng, telah sepenuhnya dilestarikan, dan memberi para arkeolog bukti yang diperlukan untuk merekonstruksi perkembangan pengepungan.
Ketika tembok Masada ditembus, Sicarii menyadari bahwa benteng itu akan segera jatuh ke tangan Romawi.
Mereka kemudian memutuskan untuk melakukan sesuatu yang sangat tidak terpikirkan.
Menurut Josephus, salah satu pemimpin mereka, Eleazar berbicara demikian:
"Biarkan istri kita mati sebelum mereka dianiaya, dan anak-anak kita sebelum mereka merasakan perbudakan."
"Setelah kita membunuh mereka, marilah kita saling memberikan manfaat mulia itu satu sama lain, dan menjaga diri kita sendiri dalam kebebasan, sebagai monumen pemakaman yang luar biasa bagi kita."
"Tapi pertama-tama mari kita hancurkan uang dan benteng kita dengan api; karena saya sangat yakin bahwa ini akan menjadi kesedihan besar bagi orang Romawi, bahwa mereka tidak akan dapat menguasai tubuh kita, dan kekayaan kita."
(Josephus, Perang Yahudi, VII, 8.6)
Para pembela dibujuk oleh pidato Eleazar, dan mereka segera melakukan bunuh diri massal.
Orang-orang Sicarii begitu setia kepada pemimpin mereka sehingga 960 dari mereka melakukan bunuh diri atau membunuh mereka yang memilih untuk tidak mematuhi perintah.
Beberapa berpendapat bahwa itu bukan bunuh diri, tetapi mereka membuat kesepakatan untuk saling membunuh.
Meskipun orang mungkin mempertanyakan keakuratan catatan Josephus tentang pengepungan Masada (dan memang seharusnya demikian), cerita ini memiliki dampak yang lebih besar daripada yang diperkirakan. Keputusan yang diambil oleh para pembela Masada dapat dilihat dari sudut pandang simbolis.
Di satu sisi, keputusan untuk bunuh diri dapat dibaca sebagai perjuangan sampai akhir yang pahit melawan musuh yang keras kepala, dan lebih memilih kematian daripada perbudakan.
Oleh karena itu, para pembela Masada dipandang sebagai pahlawan.
Di sisi lain, keputusan ini dapat dianggap sebagai penghancuran yang dilakukan terhadap orang-orang yang tidak bersalah, terutama perempuan dan anak-anak.
Dengan demikian, para pahlawan sekarang dipandang sebagai ekstremis.
Pandangan yang berbeda ini penting, terutama jika berkaitan dengan suatu bangsa, karena kisah Masada telah memecah belah orang Israel mengenai pandangan mereka tentang negara dan kebijakannya saat ini.
Sementara kisah Masada penting bagi orang-orang Israel dalam pandangan yang diwakilinya, negara-negara lain juga memiliki kisah mereka sendiri.
(*)