Viral Kabar Internet Akan Mati 6 Hari Karena Perbaikan Kabel Bawah Laut Setelah Telkomsel dan Indihome Down, Tak Usah Panik Begini Kenyataannya

May N

Editor

Indihome gangguan, ini cara mengklaim kompensasinya
Indihome gangguan, ini cara mengklaim kompensasinya

Intisari-Online.com -Kabar bahwa internet akan mati 6 hari akibat perbaikan kabel bawah laut telah viral di media sosial TikTok.

Unggahan diunggah akun TikTok @Chiko_3333.

"LAUT BATAM KEDALAMAN 20 METER" tulis akun tersebut.

Unggahan dilengkapi video berisi slide foto kegiatan seperti perbaikan kabel bawah laut.

Baca Juga: Pantas Saja Jaringan Internet Mati, Kondisi Matahari Ini Rupanya yang Jadi Penyebabnya, Tak Hanya Indonesia Seantero Dunia Langsung Alami 'Kiamat Internet'

Pengunggah menyertakan judul berita media online yang membahas terkait internet Telkomsel dan Indihome down.

"Gangguan Kabel Bawah Laut, Internet Indihome dan Telkomsel Down".

“Penyebab Gangguan Indihome & Telkomsel Sudah Diketahui Laut Batam di Kedalaman 20 Meter” tertulis dalam unggahan.

Dalam unggahannya, pengunggah menulis caption bahwa internet akan mati selama 6 hari.

Baca Juga: Banyak yang Tidak Tahu, Ini Dia Trik Rahasia WhatsApp Bisa Digunakan Tanpa Menggunakan Koneksi Internet, Begini Caranya

“Internet Akan Mati seLama 6 hari,” tulis akun tersebut.

LAUT BATAM KEDALAMAN 20 METER???????????????? ?

suara asli - ghell108

Postingan tersebut sampai sekarang sudah diputar oleh netizen lebih dari 10 juta kali.

Baca Juga: Siap-siap, Bantuan Kuota Internet untuk Pelajar, Guru, dan Dosen Cair Mulai September 2021

Namun jangan panik, Telkom segera mengklarifikasi informasi tersebut.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, menjelaskan informasi di TikTok tersebut adalah hoax atau tidak benar.

“Sehubungan dengan beredarnya video terkait penyambungan kabel bawah laut di platform Tiktok yang diduga milik Telkom serta pemberitaan mengenai gangguan internet yang akan mati selama 6 hari, dapat kami sampaikan bahwa berita dan video tersebut adalah hoax,” ujar Reza dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/9/2021)

Mengenai perbaikan jaringan, Reza menyebut Telkom saat ini terus mengupayakan percepatan perbaikan layanan fixed dan mobile broadband.

Baca Juga: Jangan Dulu Nyalahin Sinyal Apalagi Sampai Banting HP kalau Internet Lemot, Bisa Jadi Cara Setting APN di Smartphone Anda yang Salah, Simak Nih Cara Mudah Perbaikinya

Layanan ini menurutnya mulai membaik secara bertahap di beberapa lokasi sejalan dengan penambahan kapasitas jaringan.

“Dengan diketahuinya titik gangguan di sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal dan digunakan pelanggan seperti sedia kala,” ujar dia.

Reza mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dan menyebarluaskan informasi hoax yang berpotensi merugikan banyak pihak dan berdampak proses hukum.

Ada baiknya pula agar masyarakat melakukan proses cek ulang sumber informasi tersebut.

Baca Juga: Anak Kos Harus Segera Tahu, Begini Cara Internetan Gratis dengan Mode Pesawat, Gampang Banget Pengaturannya!

“Telkom akan menyampaikan perkembangan perbaikan layanan melalui penyataaan resmi secara berkala,” pungkas dia.

Artikel Terkait