Intisari-Online.com – Pagi hari di New York City yang dipenuhi dengan hiruk-pikuk rutinitas berubah menjadi jeritan horor ketika terjadi serangan teroris paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat.
Pada 11 September 2001, American Airlines Penerbangan 11 dan United Airlines 175 menabrak menara Utara dan Selatan World Trade Center di New York city.
Lebih dari satu jam empat puluh menit kemudian, kedua menara runtuh.
Sementara di Washington DC, American Airlines Penerbangan 77 diterbangkan ke sisi Pentagon, meruntuhkan sebagian besar dinding barat gedung.
Dan akhirnya, di Pennsylvania, United Airlines Penerbangan 93 menabrak sebuah lapangan di dekat kota Shanksville setelah penumpang di dalamnya mengalahkan para pembajak pesawat.
Bila ditotal, sejumlah 2.996 tewas pada hari itu, dan lebih banyak lagi yang meninggal di tahun-tahun setelahnya.
Dari abu kekejaman tersebut hingga muncullah beberapa teori konspirasi.
Beberapa di antaranya bahkan sangat fantastis sehingga mudah dibantah, sedangkan yang lain terbukti jauh lebih sulit bagi pihak berwenang untuk melepaskan diri.
Berikut ini beberapa teori konspirasi yang muncul seputar hari yang menentukan itu, serta penjelasan paling masuk akal yang dikemukakan oleh para ahli, laporan resmi, dan saksi mata, seperti melansir dari Sky History.
Serangan World Trade Center
Pesawat tidak mungkin menyebabkan kerusakan sebanyak itu
Salah satu klaim paling gigih yang dibuat oleh para skeptis adalah bahwa dua pesawat yang menabrak menara Utara dan Selatan tidak mungkin menyebabkan begitu banyak kerusakan pada lantai di bawah benturan.
Jet pertama menghantam Menara Utara antara lantai 98 dan 94; jet kedua menghantam Menara Selatan antara lantai 84 dan 78.
Terlepas dari dampak serangan pada ketinggian tersebut, namun saksi mata melaporkan melihat kerusakan pada kedua lobi Menara Kembar.
Bagaimana itu mungkin terjadi?
Penjelasan yang lebih masuk akal adalah bahwa bahan peledak sekunder diledakkan lebih jauh ke bawah menara, sehingga menyebabkan kerusakan pada lantai bawah dan kedua lobi.
Investigasi resmi Institut Standar dan Teknologi Nasional (NIST) terhadap runtuhnya menara menemukan bahwa pesawat telah menyebabkan kerusakan besar pada sistem poros utilitas kedua bangunan saat mereka menabrak menara.
Hal tersebut memungkinkan bahan bakar jet mengalir ke bawah poros elevator, sehingga ketika bahan bakar menyala, menyebabkan api mengamuk memancar ke bawah poros.
Sementara banyak kabel lift terputus dan sistem pengereman dinonaktifkan saat tabrakan, menyebabkan lift meluncur ke bawah, menghancurkan pintu lobi yang terbuka saat tabrakan, dan mengirimkan bahan bakar jet yang membakar kedua lobi.
Jet eksplosif ini menyebabkan kerusakan yang cukup besar dan membuat banyak orang terbakar, sesuatu yang disaksikan oleh Jules Naudet, seorang juru kamera yang merupakan salah satu yang pertama di tempat kejadian di lobi Menara Utara tak lama setelah dampak Penerbangan 11.
Bahan bakar jet tidak bisa melelehkan baja
Titik leleh baja adalah 1510 °C. Suhu di mana bahan bakar jet terbakar adalah antara 426,6°C dan 815,5°C.
Jadi bagaimana menara bisa runtuh karena kegagalan struktural ketika api tidak cukup panas untuk melelehkan baja?
Memang benar bahwa pembakaran bahan bakar jet saja tidak dapat melelehkan baja, namun api yang juga dipicu oleh pembakaran furnitur, gorden, kerai, kursi, meja, peralatan komputer, dan sejumlah besar kertas akan membakar cukup panas untuk membengkokkan baja.
NIST memperkirakan bahwa kebakaran di menara mencapai setidaknya 1000 ° C di kantong-kantong tertentu.
Titik di mana baja melemah adalah 593,3°C, pada saat itu baja akan kehilangan sekitar 50% kekuatannya.
Bila dipanaskan hingga 1000 ° C, maka baja akan kehilangan kekuatan sekitar 90%.
Kelemahan baja inilah yang menyebabkan hilangnya integritas bangunan.
Ketika baja melengkung, kolom dan balok baja yang menahan menara tidak lagi mampu menopang berat bangunan, yang menyebabkan runtuhnya kedua menara.
Menara diruntuhkan dengan pembongkaran terkontrol
Banyak skeptis menunjuk pada film kepulan asap misterius yang memancar dari setiap lantai menara saat runtuh.
Kepulan asap ini dilihat sebagai bukti bahwa bangunan itu dihancurkan oleh ledakan bahan peledak yang telah dibor ke dalam kolom menara sebelum serangan 11 September 2001.
Namun, terdapat dua masalah dengan teori ini.
Pertama, tidak ada laporan kredibel yang pernah muncul tentang tim pembongkaran yang terlihat mengebor lubang di kolom kompleks perkantoran yang sibuk pada minggu-minggu sebelum serangan 11 September itu.
Tentunya seseorang di setidaknya satu lantai akan memperhatikan sesuatu?
Kedua, Menara Kembar mengandung sejumlah besar udara.
Saat setiap lantai runtuh dan runtuh ke lantai di bawahnya, udara itu seketika terkompresi dan pergi ke suatu tempat.
Meskipun mungkin terlihat seperti serangkaian ledakan kecil yang terjadi saat bangunan runtuh, apa yang sebenarnya terjadi adalah udara, bercampur dengan berton-ton beton yang langsung hancur, dikeluarkan ke luar saat setiap lantai runtuh, sehingga memberikan kesan ledakan.
Misteri menara 7
World Trade Center 7 adalah gedung pencakar langit 47 lantai yang runtuh beberapa jam setelah Menara Kembar jatuh.
Ketika WTC 7 runtuh, tampak bagi banyak orang, termasuk para ahli yang mengamati pada hari itu, bahwa bangunan tersebut telah dihancurkan oleh pembongkaran yang terkendali.
Menurut para skeptis, adalah bukti lebih lanjut bahwa serangan 11 September adalah pekerjaan orang dalam.
Meskipun mungkin terlihat seperti WTC 7 dilakukan dengan penghancuran terkontrol, penjelasan ini tidak memperhitungkan apa yang terjadi segera setelah serangan dan dalam jam-jam berikutnya.
Saat Menara Utara runtuh, sejumlah besar puing menabrak permukaan selatan WTC 7, secara efektif menyedot 25% bangunan dari tanah ke lantai sepuluh, sehingga secara besar-besaran melemahkan integritas struktural bangunan.
Beberapa kebakaran juga dimulai sebagai akibat dari keruntuhan, salah satunya, di lantai lima, api mengamuk selama tujuh jam penuh.
Hanya masalah waktu sebelum kerusakan struktural yang disebabkan oleh runtuhnya Menara Utara ditambah dengan baja yang melemah oleh berjam-jam kebakaran membuat bangunan itu runtuh.
Bahwa keruntuhan bangunan tampak mencurigakan seperti pembongkaran terkontrol dapat dijelaskan oleh fakta bahwa dengan bagian tengah bangunan yang rusak parah, pertama sisi timur dan kemudian sisi barat bangunan runtuh dengan sendirinya sebelum runtuh ke tanah, sehingga mengeluarkan kesan pembongkaran terkontrol dari jenis yang sering terlihat di berita dan YouTube.
Serangan Pentagon
Bagaimana bisa pesawat setinggi 38,1 meter hanya menyebabkan lubang selebar 4,88 meter?
Sebuah pesawat komersial Boeing 757 memiliki lebar 38,1 meter dan panjang 47,24 meter.
Namun, pesawat yang menabrak Pentagon meninggalkan lubang masuk hanya selebar 4,88 meter dan lubang keluar hanya selebar 3,66 meter.
Bagaimana ini mungkin, tanya skeptis?
Sejauh yang diketahui banyak orang, kemungkinan besar Pentagon dihantam oleh rudal yang dipandu satelit yang dikendalikan oleh militer AS.
Laporan Kinerja Gedung Pentagon ASCE resmi memperkirakan bahwa lubang yang dilubangi ke dalam E-Ring luar dinding beton bertulang Pentagon sebenarnya berukuran sekitar 22,86 meter, bukan 4,88 meter, seperti yang telah banyak dilaporkan secara salah.
Penerbangan 77 itu tidak meninggalkan lubang berbentuk pesawat setinggi 38,1 meter di gedung itu disebabkan oleh fakta bahwa salah satu sayap pesawat hancur ketika menyentuh tanah sebelum tumbukan dan sayap lainnya terlepas saat tumbukan, karena terlalu ringan konstruksi untuk menembus beton bertulang.
Lubang keluar benturan C-ring, pada kenyataannya, lebarnya 3,66 meter, bukan 4,88 meter, dan kemungkinan besar disebabkan oleh roda pendarat yang jauh lebih kokoh dari pesawat yang menembus gedung.
Lalu, di mana puing-puingnya?
Banyak yang menunjukkan kurangnya puing-puing dalam foto resmi yang diambil setelah pesawat menabrak sisi Pentagon.
Ketika pesawat jatuh, mereka biasanya meninggalkan puing-puing dalam jumlah besar.
Kenapa sebuah pesawat komersial besar menabrak sebuah gedung namun hampir tidak meninggalkan puing-puing?
Klaim ini langsung dibantah oleh para saksi mata yang lebih dulu memberikan tanggapan.
Ini termasuk Allyn E. Kilsheimer, CEO PC Insinyur Struktural KCE di Washington.
Kilsheimer adalah orang yang menemukan perekam kotak hitam Penerbangan 77, serta memegang bagian ekor pesawat di tangannya dan mengamati tanda benturan sayap di sisi gedung sebelum sebagian besar dinding luar Pentagon runtuh.
Dia juga melihat potongan-potongan bagian tubuh berserakan di sekitar lokasi kecelakaan, serta seragam kru dan pakaian penumpang.
Juga, sebagian besar Penerbangan 77 berakhir di dalam Pentagon, bukan di luarnya.
Penerbangan 93
Apakah penerbangan 93 dijatuhkan oleh jet tempur?
Sebuah pesawat putih kecil yang disaksikan terbang di atas lokasi kecelakaan Penerbangan 93 tak lama setelah pesawat itu jatuh telah membuat banyak orang percaya bahwa pesawat itu sengaja ditembak jatuh oleh pesawat misterius ini, yang sebenarnya adalah jet tempur Angkatan Udara AS.
Memang benar bahwa beberapa saksi mata melihat pesawat putih tak lama setelah Penerbangan 93 jatuh, itu adalah jet pribadi Dassault Falcon 20 yang dioperasikan oleh perusahaan North Carolina bernama VF Corp.
Pesawat itu sudah turun ke Johnstown-Cambria Bandara ketika diminta oleh Pusat Administrasi Penerbangan Federal Cleveland untuk menyelidiki daerah tersebut tak lama setelah Penerbangan 93 jatuh di luar Shanksville.
Falcon 20 sepatutnya melakukannya, turun dari 3.000-4.000 kaki ke sekitar 1.500 kaki di mana ia melihat lubang besar di tanah dan sejumlah besar asap.
Setelah melaporkan temuannya ke FAA, pesawat mendarat di bandara sesuai rencana.
Puing-puing di Danau India
Jika Penerbangan 93 jatuh ke tanah di luar Shanksville, PA, mengapa puing-puing dan sisa-sisa manusia terlihat mengambang di Danau India, yang jauhnya 9,66 km dari lokasi kecelakaan?
Ini membuktikan pesawat sudah pecah sebelum mendarat darurat, kemungkinan besar setelah terkena rudal.
Tidak pernah terbukti bahwa sisa-sisa manusia ditemukan di Danau India.
Memang benar bahwa puing-puing ringan seperti potongan logam dan kertas ditemukan di danau, ini dapat dijelaskan dengan fakta bahwa danau sebenarnya hanya berjarak 2,41 km dari lokasi kecelakaan, dan angin timur laut 9-12mph dari hari itu bisa dengan mudah menerbangkan puing-puing ringan di danau setelah terlempar tinggi ke udara oleh dampaknya.
Terlepas dari analisis dan penyelidikan selama bertahun-tahun, beberapa penyelidikan dan publikasi laporan resmi dan tidak resmi, tidak ada bukti yang cukup untuk meyakinkan beberapa orang bahwa serangan pada 11 September 2001 bukanlah pekerjaan orang dalam.
Meskipun mudah untuk mengabaikan pertanyaan orang tentang peristiwa hari itu sebagai omong kosong, fakta bahwa konspirasi ini bertahan hampir dua puluh tahun kemudian adalah bukti ketidakpercayaan banyak orang di AS terhadap pemerintah mereka sendiri.
Fakta bahwa mereka bersedia percaya bahwa pemerintah mereka mampu melakukan kekejaman seperti itu memang merupakan pemikiran yang meresahkan.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari