Find Us On Social Media :

Sampai Disebut 'Penghilangan Terbesar dalam Sejarah', Inilah Pertama Kalinya AS Ditipu Mentah-mentah oleh Taliban, Osama bin Laden pun Menganggapnya Keajaiban

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 19 Agustus 2021 | 14:53 WIB

Osama bin Laden.

Intisari-Online.com - Sebuah buku mengungkap bahwa AS pernah ditipu oleh Taliban.

AS membiarkan Osama bin Laden melarikan diri dari cengkeramannya tiga bulan setelah 9/11, setelah dengan bodohnya percaya bahwa komandan Taliban akan menebusnya dengan imbalan gencatan senjata.

Melansir Daily Mail, Selasa (17/8/2021), para pemimpin militer AS mempercayai kata-kata Taliban saat 'berjanji bahwa bin Laden secara pribadi akan menyerah' jika AS membatalkan serangan udara.

Pada saat itu, pemimpin Al-Qaeda yang terkenal itu telah terpojok di pegunungan Tora Bora yang terpencil di Afghanistan di mana sebuah bom mendarat di bunkernya.

Baca Juga: Tidur Tenang Bersama 4 Istrinya, Sampai Mendengar Suara Helikopter Amerika, Istri Osama Bin Laden Ceritakan Malam Terakhirnya Sebelum Sang Suami Dibunuh Militer Amerika

Para pengikutnya menjadi khawatir dan 'putus asa', dan bin Laden bahkan menyuruh anak buahnya untuk menyerah jika mereka mau.

Tetapi setelah Amerika menyetujui gencatan senjata sementara, Osama bin Laden dapat melarikan diri melarikan diri ke Pakistan.

Sejak itu, keberadaannya tidak diketahui dan diperlukan sepuluh tahun lagi untuk melacaknya.

Keputusan itu bisa dibilang kesalahan terbesar oleh Amerika di Afghanistan sebelum pekan lalu ketika Taliban merebut kembali negara itu gara-gara penarikan pasukan AS.

Baca Juga: Osama bin Laden Gemar Main Video Game dari Mario Bros hingga Dragon Ball Z, Terungkap saat Pasukan Khusus AS Membunuh Pentolan Al Qaeda itu dan Temukan Ini