Intisari-Online.com - Pada awal 1940-an, Uni Soviet terlibat dalam kampanye pahit untuk melawan serangan signifikan Nazi Jerman ke wilayah Soviet.
Pejuang partisan membutuhkan persenjataan yang lebih mumpuni yang dapat menimbulkan kerusakan pada pasukan lapis baja dan infanteri Jerman.
Oleg Antonov memberikan jawaban untuk ini: tank terbang.
Biasanya, tank tidak boleh terbang dalam keadaan apa pun.
Mereka tidak cocok secara aerodinamis untuk penerbangan, juga tidak memiliki sayap atau mesin yang sesuai untuk menghasilkan daya angkat yang cukup.
Solusi Antonov adalah memasang kit Krylya Tanka (bahasa Rusia untuk "sayap tank") ke tank ringan T-60.
Lalu menariknya ke udara menggunakan bomber berat Pe-8 atau TB-3, dan kemudian melepaskannya di dekat zona penurunan.
Langkah itu memungkinkan tank (dengan dua awak di dalamnya) untuk meluncur ke medan perang sementara pesawat tunda keluar dari Dodge sebelum penembak anti-pesawat Jerman melemparkan antipeluru ke langit.
T-60 dipilih berkat bobotnya yang ringan, hanya 5,8 ton.
Itu pun bobotnya masih dikurangi dengan melepas senjata, amunisi, lampu depan, dan meminimalkan jumlah bahan bakar yang dibawa T-60.
Kit Krylya Tanka akan diikat ke permukaan atas lambung tank dengan tautan yang dapat dilepas yang menghubungkan permukaan kontrol (yaitu kemudi dan flap) ke pengemudi di dalam tank.
Sehingga ia benar-benar dapat mengemudikan T-60 setelah dilepaskan oleh pesawat tunda.
Kit Krylya Tank sendiri terdiri dari dua sayap dalam tata letak biplan (satu di atas yang lain) dengan bentang hampir 60 kaki (atau 18 meter), terbuat dari kanvas dan kayu untuk mengurangi bobot.
Boom dua ekor dipasang pada ekor kembar dengan kemudi yang dapat digerakkan.
Panjang keseluruhan mencapai 12 meter.
Meskipun Angkatan Udara Soviet pada awalnya memerintahkan Antonov untuk merancang pesawat layang yang bisa membawa tank, dan bukan tank yang bisa meluncur, mereka tetap bersedia untuk mencoba idenya.
Pada bulan-bulan musim gugur tahun 1942, Antonov dan tim mekanik dan insinyur menyelesaikan Krylya Tanka dalam waktu kurang dari tiga minggu dan menghubungkannya dengan T-60 yang dimodifikasi. Sebutan baru untuk kendaraan tempur aneh ini adalah A-40, juga dikenal sebagai A-40T.
Untuk penerbangan uji coba pertama (dan satu-satunya) dalam proyek tersebut, A-40 dikemudikan oleh Sergei Anokhin, seorang pilot glider pemegang rekor dan pilot uji untuk Angkatan Udara Soviet. Sebuah pembom berat TB-3 dialokasikan untuk penerbangan tersebut, dan dihubungkan ke A-40, yang sekarang duduk di lapangan terbang dengan berat 7,8 ton, berkat bobot tambahan kit Krylya Tanka.
Setelah lepas landas yang lama di Monino Airfield, kapal tunda TB-3 dan A-40-nya dapat mendaki, meskipun tiba-tiba mesin menjadi terlalu panas dan kecepatan udara yang terus menurun di TB-3 terus menurun.
Pilot kapal tunda menyadari bahwa A-40 (yang memiliki aerodinamika seperti batu bata) menyebabkan ketegangan yang sangat besar pada pesawat mereka.
Mereka harus segera membuangnya atau mereka akan jatuh dari langit seperti batu.
Bertindak cepat, mereka melepaskan kabelnya, dan Anokhin tiba-tiba menerbangkan tank.
Entah bagaimana, Krylya Tanka benar-benar berhasil!
Anokhin kemudian melaporkan bahwa A-40 meluncur jauh lebih baik dari yang diharapkan, dan gagasan tentang tank terbang ternyata tidak terlalu realistis.
Anokhin berhasil mendaratkan tank di lapangan terdekat, melepas kit, dan kemudian berkendara kembali ke Monino.
Namun, kurangnya pesawat yang cukup kuat untuk menarik 7,8 ton A-40 dengan kecepatan sekitar 100 mil per jam untuk menopang daya angkat membuat A-40 tidak layak.
Angkatan Udara Soviet memerintahkan proyek ditutup secara permanen.
(*)