Advertorial
Intisari-Online.com - Israel sedang membangun beberapa pesawat pengumpul intelijen misi khusus paling canggih di dunia, menurut Israel Aerospace Industries.
Dilansir dari National Interest, Sabtu (20/6/2020), perusahaan Israel baru-baru ini mengumumkan kontrak baru untuk pesawat senilai $ 350 juta yang akan dilengkapi untuk negara Eropa dengan Sistem ELTA IAI.
Pesawat ini unik untuk pengumpulan intelijen dan merupakan kunci untuk mengelola negara-negara medan perang modern yang bersaing di dalamnya.
Namun, komponen, kemampuan, dan elemen khusus dari pesawat canggih ini seringkali merupakan informasi sensitif atau terselubung dalam kerahasiaan.
IAI Israel dan radar active electronically scanned array (AESA) yang dibangun oleh anak perusahaannya ELTA telah inovatif selama beberapa dekade.
Alih-alih radar yang berputar, array bertahap ini terdiri dari radar yang lebih kecil yang dipasang secara sesuai pada pesawat, memberikan hidung yang menonjol atau yang terlihat seperti sisi bengkak yang sebenarnya merupakan radar.
Mereka dapat diarahkan secara elektronik ke berbagai arah.
Penggunaan awal sistem ini, seperti EL / M-2075 untuk Boeing 707 dan EL / W-2090 untuk IL-76 di India pada 1990-an dan awal 2000-an menempatkan IAI di ujung tombak langkah Israel untuk mengembangkannya sendiri pesawat peringatan dini udara (AEW).
Israel melengkapi kedua Boeing 707 tersebut, Phalcon dan Gulfstream G550 antara 1993 dan 2010.
G550s, dijuluki Eitam di Angkatan Udara Israel, dimasukkan ke dalam skuadron Nahshon 122 di pangkalan udara Nevatim di Negev.
Israel saat ini mengoperasikan angkatan udara yang sangat canggih dengan menggunakan F-35 versinya sendiri yang telah diterbangkannya bersama Amerika Serikat dalam latihan baru-baru ini.
Selama Blue Flag Israel edisi November 2019 menerbangkan pesawat intelijen udara Gulfstream G550 sebagai bagian dari latihan.
IAI Israel, produsen penerbangan dan kedirgantaraan utama negara itu, memproduksi pesawat misi khusus udara-ke-udara, udara-ke-darat, serta cakupan intelijen udara-ke-laut, yang mampu melakukan apa yang disebut Intelijen, Pengawasan, Misi Akuisisi Target, dan Pengintaian (ISTAR).
Ini termasuk pesawat yang dikemas dengan sensor untuk misi patroli maritim, elektro-optik, ELINT dan COMINT.
Ada empat tipe dasar konfigurasi IAI ini.
Pesawat peringatan dini dan kontrol udara, pesawat udara ke darat multi-misi, patroli maritim, dan pesawat tempur SIGINT dan elektronik.
Konfigurasi tersebut memberi pesawat kemampuan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi ancaman dari jarak jauh, atau untuk membantu pasukan di darat untuk melacak objek bergerak dan menyampaikan informasi.
Untuk misi maritim, pesawat dapat melacak kapal atau bantuan dalam operasi anti-kapal selam, dan juga untuk sinyal intelijen, melacak sinyal menggunakan sensor khusus.
IAI Israel saat ini bekerja dengan beberapa produsen pesawat untuk meningkatkan pesawat untuk operasi ini, termasuk Dassault, Bombardier, Gulfstream, dan Embraer.
Terlepas dari virus corona, militer Israel dan hubungan teknologi pertahanannya dengan negara-negara di luar negeri harus terus berlanjut, kata perusahaan itu.
Teknologi baru mengubah beberapa dari apa yang dideteksi pesawat ini atau di mana sensor dapat ditempatkan.
Misalnya, UAV menawarkan platform yang menjanjikan untuk beberapa misi tetapi mereka juga rentan terhadap pertahanan udara, seperti yang diilustrasikan oleh penembakan Iran terhadap Global Hawk AS pada tahun 2019.
Pada saat yang sama, deteksi UAV dan kawanan drone menjadi lebih penting.
Kepala CENTCOM AS Kenneth McKenzie memperingatkan tentang kawanan drone selama presentasi baru-baru ini.
Pesawat misi khusus Israel merupakan bagian dari "tatanan pertempuran elektronik" yang terbukti semakin penting di medan perang digital.
Digitalisasi ini adalah bagian dari rencana lima tahun Israel secara keseluruhan untuk apa yang disebutnya rencana Momentum untuk meningkatkan kemampuan mengerti teknologi IDF dan mendorong intelijen waktu nyata ke unit garis depan yang lebih kecil.
Teknologi secara historis memberi Israel keunggulan atas musuh.
Ini kembali ke tahun 1980-an ketika Israel menghancurkan angkatan udara dan pertahanan udara Suriah pada tahun 1982 dalam pertempuran di Lebanon dengan bantuan teknologi udara yang lebih baik, seperti E-2C Hawkeye, platform radar udara yang membantu mengoordinasikan pertempuran di bawah.
Boeing 707 Israel yang akhirnya dilengkapi memiliki antena AESA berukuran sepuluh kali dua meter di sepanjang sisinya.
Akhirnya Israel mengembangkan Pesawat Misi Elektronik Khusus menggunakan model Gulfstream.
Berbagai tantangan ditimbulkan oleh lingkungan untuk pesawat ini.
Di darat dengan menggunakan Radar Apertur Sintetis dan Indikator Target Bergerak Darat untuk amunisi yang dipandu GPS, seseorang harus membedakan antara target bergerak dan hal-hal seperti pohon yang tertiup angin, sedangkan di air masalahnya mencoba menemukan periskop di tengah gelombang.
Kombinasi alat elektro-optik, pada dasarnya pemindaian visual, dan radar, digunakan.
Ini digabungkan dengan data dari informasi pada kapal kawan (Identification of Friend of Foe-IFF) dan Sistem Identifikasi Otomatis (AIS), sistem pelacakan transponder, digunakan.
ELTA menyebut konfigurasi maritimnya ELI-3360 untuk Bombardier Global 6500 atau platform jet bisnis serupa, yang diubah untuk penggunaan intelijen atau patroli.
Menurut berbagai laporan, ELTA juga melengkapi pesawat P-3 , Airbus C-295, C-235, Bombardier Dash-8, Dornier 228, Eurocopter AS-365, dan IAI Herons.
Banyak laporan tentang pelanggan Israel untuk pesawat ini bersifat spekulatif atau rahasia.
Israel telah mencari pelanggan untuk pesawat misi khususnya dari Eropa ke Asia, termasuk di India dan di Singapore Air Show.
Pesawat ini juga telah melalui beberapa generasi sejak diperkenalkan dua dekade lalu.
Tetapi aset strategis seperti pesawat jenis ini merupakan investasi besar bagi militer dan ada pemain utama lainnya di lapangan.
Namun demikian, anggaran di arena ini bertambah karena berbagai ancaman dan ruang yang padat yang perlu dipantau.
Pada bulan Juni 2019, di Paris IAI dan Embraer menandatangani perjanjian untuk mengembangkan P600 Praetor dengan Digital Active Electronically Scan Array generasi keempat dari ELTA.
“Sebagai bagian dari strategi IAI, kami memperkuat kehadiran kami di Eropa untuk meningkatkan bisnis kami dan memperluas kerja sama,” Gideon Landa, wakil presiden ELTA dan manajer umum sistem lintas udara mengatakan pada 8 Juni.
“Pesawat Misi Khusus IAI menawarkan yang canggih dan unik kemampuan teknologi untuk memenuhi berbagai misi intelijen yang paling menuntut,” katanya.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari