Find Us On Social Media :

China Menuduh Pesawat Mata-mata AS Menyamar Sebagai Pesawat Sipil, Akibatnya Bukan Main-main dan Dapat 'Ancaman Serius'

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 23 September 2020 | 08:23 WIB

China menuduh pesawat mata-mata AS menyamar sebagai pesawat sipil

Intisari-Online.com - “Ini adalah taktik umum Angkatan Udara AS untuk memalsukan sinyal pesawat sipil asing."

"Ini tindakan tercela, "kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang.

"Kami mendesak pihak AS untuk segera menghentikan tindakan eskalasi yang serius, menghindari kecelakaan yang terjadi di udara dan di laut", tambahnya sebagaimana dilansir 24h.com.vn, Sabtu (19/9/2020).

Ini adalah tanggapan resmi Tiongkok pertama setelah Institut Prakarsa Situasi Strategis Laut Tiongkok Selatan (SCSPI) mengumumkan penemuan pesawat mata-mata AS yang menyamar sebagai pesawat sipil.

Baca Juga: Pernah Coba? Bakar Daun Salam dalam Ruangan Selama 10 Menit, Rasakan Sensasi yang Berbeda Ini dalam Diri Anda

Pada 8-10, September, pesawat pengintai RC-135 beroperasi di Laut Cina Selatan tetapi diisyaratkan sebagai pesawat penumpang Malaysia. 

"Tindakan ini mengancam pesawat sipil itu sendiri, karena bisa menyesatkan," kata SCSPI.

Bulan lalu, pesawat mata-mata E-8C Amerika juga diidentifikasi sebagai pesawat komersial, saat mendekati daerah lepas pantai provinsi Guangdong, kata China.

Pakar militer Song Zhongping di Hong Kong mengatakan pesawat AS menyamar sebagai pesawat sipil untuk mendekati wilayah udara China, mendekati pantai sedekat mungkin dan menghindari kecurigaan terhadap sistem pertahanan udara China.