Advertorial
Intisari-Online.com - Tak kalah dengan kesibukan berbagai negara menghadapi pandemi, beberapa negara juga terlibat dalam sengketa laut China Selatan.
Sengketa Laut China Selatan, belakangan ini merupakan isu yang terus menjadi perhatian publik dunia.
China tak menyerah mengklaim wilayah tersebut sebagai miliknya, sementara negara lain di sekitarnya tak setuju.
Di samping itu, negara-negara besar seperti Amerika dan Inggris pun menyuarakan keberatannya jika Laut China Selatan jatuh ke China.
Baca Juga: Abaikan Perjanjian 2002, China Terus Provokasi Laut China Selatan dengan Luncurkan 4 Rudal Balistik
Negara mana saja yang terlibat dalam konflik ini, mengapa banyak negara memberikan perhatian khusus terhadap sengketa Laut China Selatan?
Ada banyak pertanyaan terkait konflik yang tak berkesudahan yang kini semakin memanas ini.
Menjawab pertanyaan tersebut, Ali Moore dari Universitas Melbourne menjelaskan 5 fakta tentang Laut China Selatan.
Melansir Persuit, berikut ini 5 fakta tentang Laut China Selatan.
1. Pemain Kunci
Menurut Moore, ada enam pemain dalam jaringan kompleks klaim teritorial yang tumpang tindih di Laut Cina Selatan.
Negara-negara itu diantaranya China, Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei, yang mana masing-masing menggunakan versi sejarah yang berbeda untuk mendukung pernyataan kedaulatan mereka.
China mengklaim bagian terbesar, mempertahankan haknya atas hampir 90 persen Laut China Selatan, menempati semua Kepulauan Paracel dan sembilan terumbu karang di Spratley's, termasuk Fiery Cross Reef dan Johnson South Reef.
Beijing mendasarkan klaimnya pada apa yang disebut 'sembilan garis putus-putus' yang membentang hampir 2.000 kilometer dari daratan Cina hingga beberapa ratus kilometer dari Filipina, Malaysia, dan Vietnam.
Sementara itu, 'historis' juga digunakan untuk mendukung argumen teritorial Vietnam dan Filipina, dengan keduanya menempati sejumlah fitur, seperti terumbu karang atau pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni di Laut Cina Selatan.
D sisi lain ada Malaysia dan Brunei yang berpendapat bahwa wilayah yang mereka klaim berada dalam zona eksklusi ekonomi mereka, sebagaimana ditentukan oleh Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS).
Brunei adalah satu-satunya penggugat yang tidak menempati salah satu pulau tersebut.
Bukan hanya negara-negara yang wilayahnya bersentuhan langsung dengan Laut China Selatan yang terlibat dalam konflik.
Namun, mereka pun memiliki alasanya masing-masing.
Amerika Serikat tidak memiliki hak teritorial, tetapi telah menjadi tokoh penting di wilayah yang disengketakan, melakukan latihan kebebasan navigasi untuk menantang apa yang disebutnya 'klaim maritim berlebihan' yang dapat membatasi akses internasional ke wilayah tersebut.
Dalam hal ini, Australia pun terseret. Presiden AS Donald Trump mengatakan dia 'akan senang' jika Australia terlibat dalam operasi kebebasan navigasi tersebut.
Australia sendiri belum memberikan komitmen, namun melakukan pengawasan melalui udara, di bawah Operation Gateway.
Sementara Inggris juga telah menyerbu baru-baru ini mengatakan akan menantang klaim Beijing dengan mengirimkan dua kapal induk baru melalui jalur air yang disengketakan dengan kebebasan navigasi patroli.
2. Ada Apa di Laut China Selatan?
Tentu bukan tanpa alasan Laut China Selatan diperebutkan.
Dalam keadaan alami mereka, ada sejumlah pulau, bebatuan, dan terumbu karang di sana, tetapi dalam beberapa kasus, yang tadinya batu atau terumbu telah berubah menjadi pulau, dengan China menjalankan program pembangunan pulau terluas.
Beberapa pulau buatan sekarang menampung infrastruktur yang signifikan, termasuk fasilitas pelabuhan dan lapangan terbang dan ada spekulasi yang sedang berlangsung bahwa China sedang membangun pangkalan udara dan angkatan laut yang berfungsi penuh.
Namun selain itu, ada juga sekitar 11 miliar barel minyak laut yang belum dimanfaatkan dan 190 triliun kaki kubik gas alam.
3. Sejak Kapan Klaim Laut China Selatan menjadi Masalah?
Beberapa tahun lalu, Filipina menentang klaim China atas sebagian besar Laut China Selatan, dan membawa kasusnya ke arbitrase internasional berdasarkan UNCLOS.
Pada 2016, kasusnya dimenangkan. Pengadilan Internasional di Den Haag memutuskan China tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim hak bersejarah atas Laut China Selatan, dan telah melanggar hak kedaulatan Filipina.
China tidak mengambil bagian dalam proses tersebut, kemudian menyebut keputusan itu 'tidak beralasan', kemudian mengatakan bahwa perselisihan tersebut harus diselesaikan melalui negosiasi bilateral.
Tetapi jauh sebelum arbitrase internasional di Den Haag, bentrokan lain di kawasan itu menjadi berita utama global, kebanyakan di antaranya yaitu antara China dan Vietnam.
Pada tahun 1974, China dan Vietnam bentrok di Kepulauan Paracel dengan korban jiwa di kedua sisi, dan pada tahun 1988 pasukan China dan Vietnam bentrok hebat di Johnson Reef.
Baru-baru ini, penempatan anjungan minyak Tiongkok ke Zona Ekonomi Eksklusif yang diklaim Vietnam pada tahun 2014 memicu krisis besar dalam hubungan Tiongkok-Vietnam.
Dan pada tahun 2012, Cina dan Filipina berada dalam kebuntuan yang berkepanjangan atas beting Scarborough.
Operasi Kebebasan Navigasi AS, ketika Angkatan Laut AS berlayar dalam jarak 12 mil laut dari fitur-fitur yang disengketakan untuk menantang apa yang disebutnya 'klaim maritim berlebihan' China, juga secara teratur memicu kontroversi.
China mengatakan operasi tersebut melanggar hukum internasional dan China, dan sangat membahayakan kedaulatan dan keamanan Beijing.
4. Letak Laut China Selatan
Laut Cina Selatan adalah perpanjangan tangan dari Samudera Pasifik bagian barat di sekitar Asia Tenggara. Mengalir ke selatan Cina, timur dan selatan Vietnam, barat Filipina, dan utara Kalimantan.
Batasnya adalah pantai timur Semenanjung Malaya dan batas selatan Teluk Thailand, dan di utara, Selat Taiwan. Ini mencakup area seluas 3,5 juta kilometer persegi dan berisi lebih dari 200 pulau kecil yang sebagian besar tidak dapat dihuni, bebatuan dan terumbu.
5. Mengapa penting bahkan untuk berbagai negara di dunia?
Bukan hanya menyimpan kekayaan alam yang menggiurkan, namun Laut China Selatan juga merupakan jalur laut yang penting.
Laut Cina Selatan adalah cara terpendek untuk pergi dari Pasifik ke Samudra Hindia, dan menjadi tuan rumah bagi beberapa jalur pelayaran tersibuk di dunia.
Lebih dari separuh kapal tanker minyak dunia, dan bahan mentah lainnya - seperti batu bara dan bijih besi dari Australia - melewati jalur air yang diperebutkan, dengan total perdagangan tahunan yang melalui kawasan tersebut diperkirakan bernilai lebih dari A $ 4 triliun.
Laut Cina Selatan juga menghubungkan Asia Timur dengan India, Asia Barat, Eropa, dan Afrika.
Baca Juga: Abaikan Perjanjian 2002, China Terus Provokasi Laut China Selatan dengan Luncurkan 4 Rudal Balistik
Terkait kekayaan alamnya, bukan hanya cadangan minyak dan gas yang luas yang belum dieksploitasi.
Laut Cina Selatan juga merupakan rumah bagi daerah penangkapan ikan yang berharga.
Menurut penelitian di wilayah tersebut, tangkapan tahunan pada tahun 2012 adalah sekitar 10 juta ton - itu sekitar 12 persen dari total tangkapan dunia yang bernilai sekitar A $ 28 miliar dolar Australia.
Para ahli memperingatkan bahwa dengan meningkatnya ketegangan, kesalahpahaman atau salah perhitungan dapat menyebabkan konfrontasi bersenjata.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik dihttps://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari