Find Us On Social Media :

Laut China Selatan 'Berapi-api,' Peluang Lepas Tembakan Sambil Poles Senjata Meningkat: China Menguji Kemampuannya Melawan Musuh dari 3 Arah Secara Bersamaan

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 28 Agustus 2020 | 19:44 WIB

(Ilustrasi) Pangkalan militer Laut China Selatan

Intisari-Online.com - Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar empat latihan militer di tiga wilayah laut utama Tiongkok sejak akhir pekan lalu hingga akhir minggu ini.

Latihan militer China berlangsung di Laut China Selatan, Laut Kuning, dan Laut Bohai.

Ini berarti, Taiwan akan dikelilingi oleh latihan PLA dari Utara hingga Selatan.

Ni Lexiong, pakar militer China, mengatakan, latihan militer PLA secara bersamaan sangat jarang dan mungkin pertama kalinya dilakukan pada waktu yang sama.

Baca Juga: Pertamina Babak Belur dengan Laba Minus 200 Persen Dibanding Sebelum Dirinya Menjabat, Pernyataan Ajok Terkait Gajinya yang Selangit Jadi Sorotan

“Dengan melakukan latihan secara bersamaan di tiga lautan, berarti China sedang menguji kemampuannya untuk melawan musuh yang datang dari tiga arah secara bersamaan, misalnya, dari Taiwan, dari Jepang, dan dari Amerika Serikat (AS) dari Selatan,” katanya.

"Secara historis, latihan yang sering adalah prediktor perang yang jelas," ujar profesor di Universitas Ilmu Politik dan Hukum Shanghai kepada Reuters.

Sumber-sumber keamanan dan diplomatik yang berbasis di Taiwan mengatakan, peluang untuk "melepaskan tembakan sambil memoles senjata", pepatah China untuk pertemuan yang tidak disengaja yang memicu konflik yang lebih luas, meningkat.

Terutama, karena peningkatan aktivitas militer AS dan China di wilayah tersebut.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; 11 Tanda Tubuh Tidak Mentolerir Gula dengan Baik