Find Us On Social Media :

Iran Kerahkan Kapal-kapal Perang ke Teluk Persia Bukan untuk Perang, tapi 'Mengadu Domba' AS dan Israel

By Agustinus Winardi, Minggu, 5 Agustus 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Sebagai negara yang secara geografis memiliki lokasi yang berjarak jauh dengan AS dan Israel, Iran sesungguhnya banyak memiliki keuntungan.

Keuntungan yang dimiliki Iran antara lain, baik militer Israel maupun AS jika ingin menyerang dengan cara mengerahkan pesawat-pesawat tempur, kapal-kapal perang, dan serangan rudal, semuanya membutuhkan waktu lama untuk mencapai daratan Iran.

Dengan demikian Iran masih memiliki waktu untuk menyiapkan senjata pertahanan antiserangan rudal dan pesawat sehingga serangan yang dilancarkan oleh Israel dan AS jadi tidak maksimal.

Sedangkan kapal-kapal perang AS dan Israel bisa dilawan menggunakan kapal-kapal selam Iran yang sudah siaga.

Keuntungan lainnya yang dimiliki Iran adalah, untuk menyerang Israel, militer Iran cukup mempraktikkan taktik perang proxy war, yakni menggunakan kekuatan lain guna menyerang Israel secara langsung.

Baca juga: AS Meyakini Iran Telah Melakukan Latihan Militer di Teluk Persia, Apakah Ini Pertanda Perang Besar akan Dimulai?

Taktik perang proxy war yang selama ini sukses diterapkan oleh Iran adalah menggunakan para gerilyawan Hezbollah yang berbasis di Palestina utuk menggempur Israel.

Tidak hanya itu, Iran juga ‘sukses’ menggunakan daratan Suriah untuk menempatkan sejumlah pangkalan militernya dan melancarkan serangan psikologis (psywar) menggunakan drone-dronenya ke daratan Israel.

Ketika Israel kemudian membalas taktik perang proxy war yang sedang diterapkan oleh Iran, maka yang justru jadi sasaran adalah Palestina dan Suriah.

Sedangkan di dalam negeri Iran sendiri, hingga saat ini malah masih aman dari serangan militer Israel.

Padahal Israel sudah sering mengancam akan menyerang Iran dengan alasan Iran kembali melanjutkan program senjata nuklirnya.

Baca juga: Iran Beli Pesawat Amfibi Rusia, sebagai Negara Maritim Indonesia Seharusnya Juga Punya

Jika hingga saat ini Israel belum menyerang daratan Iran, sesungguhnya karena ‘dilarang’ oleh AS.