Find Us On Social Media :

Hujan Terus Mengguyur Jakarta, Saatnya Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Kita

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 12 Februari 2017 | 06:00 WIB

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Intisari-Online.com – Beberapa hari terakhir hujan terus mengguyur Jakarta. Tak hanya Jakarta sebenarnya, tapi beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi ini, mau tak mau, kerap membawa sejumlah penyakit musiman. Oleh sebab itu, sudah memperkuat sistem kekebalan tubuh supaya tidak gampang sakit.

Berikut ini tip penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Diet seimbang. Kunci dasar untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang adalah menambah asupan nutrisi seperti vitamin A, C, D, dan E, serta mineral seperti seng dan asam lemak omega-3. Seluruh makanan seperti protein hewani, kacang-kacangan, gandum, biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran, menyediakan semua nutrisi penting tersebut. Hindari makanan olahan karena makanan tersebut tidak memiliki kandungan gizi dan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan asupan vitamin C. Telah kita tahu bahwa vitamin C baik untuk memerangi pilek dan flu. Buah dan sayuran merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Pastikan kita mempunyai persediaan buah seperti jeruk, kiwi, sayuran berdaun hijau gelap, di lemari es.

Air. Air membawa sel-sel darah putih melalui tubuh, yang membuat kita tetap sehat. Pastikan diri untuk menjaga agar tetap terhidrasi dengan konsumsi setidaknya dua liter air per hari. Setiap kali merasa seperti mau sakit, segera tingkatkan asupan air.

Tidur. Kelelahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit. Merasa lelah bisa menjadi tanda penyakit mendekati. Tubuh membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam untuk memulihkan. Pastikan mendapatkan waktu tidur untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin D. Sinar matahari pagi adalah sumber terbaik dari vitamin D. Berjemur setiap pagi selama 20 menit sebelum pukul 9, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Olahraga. Cara lain yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan menambahkan latihan rutin sehari-hari. Olahraga sekitar 30 menit setiap hari, lima hari dalam seminggu adalah cara yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bakteri. Adalah fakta, 80 persen kekebalan tubuh kita berhubungan dengan sistem pencernaan. Karena itu penting untuk menjaga kekuatan sistem pencernaan. Untuk itu kita bisa menambahkan bakteri probiotik dalam asupan makanan sehari-hari, yang bisa ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yoghurt atau dalam bentuk suplemen.

Semoga kita tetap sehat.