Find Us On Social Media :

Josef Mengele, Anak Manis yang Menjelma 'Malaikat Maut' ketika Jadi Dokternya Nazi dengan Mengiris-Iris Anak Kembar Menjadi Kelinci Percobaan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 18 Mei 2018 | 18:30 WIB

Intisari-Online.com – Namanya tiba-tiba menjadi buah bibir dunia lagi, sejak ditemukan surat-surat dari Brasil di rumah Hans  Sedimeier di Neu Ulm, dekat  Stuttgart akhir Mei yang lalu. Di rumah bekas karyawan keluarga Mengele itu ditemukan surat-surat yang menyatakan bahwa Mengele telah meninggai di Brasil.

Apakah benar begitu dan siapakah Mengele itu sehingga dunia tiba-tiba seperti tersengat listrik?

Mengele, si Setan, si Tukang Jagal, si Malaikat Maut dari Auschwitz sudah mati. Tanggal 8 Februari 1979 ia dimakamkan di Embu, dekat Sao Paulo, Brasil.

Itu menurut Rolf Mengele, anak laki-lakinya  yang kini menjadi pengacara di Freiburg, Jerman Barat. Orang-orang yang mengenalnya selama talum-tahun terakhir hidupnya juga membenarkan laporan itu. Ahli forensik Amerika yang memeriksa sisa mayat yang dikatakan sebagai mayatnya  merasa yakin bahwa Mengeke sadah tiada.

Namun dinas rahasia Israel rupanya belum begitu yakin. Sisa jazadnya kini sudah dikirim ke Jerman untuk memastikan apakah yang dikubur itu benar Josef Mengele. Hasilnya direncanakan sudah bisa diketahui akhir bulan Juli.

Baca juga: Nasib Anak-anak Para Pemimpin Nazi: Ternyata Ada yang Meneruskan Cita-cita Nazisme Ayah Mereka

Mati atau tidak, sebetulnya tidak menjadi soal. Mitos tentang dokter Nazi yang menghilang setelah Perang Dunia II usai akan tetap hidup. Gambaran tentang Mengele yang dibentuk selama berpuluh-puluh tahun akan tetap bertahan seperti gambaran Martin Bormann dan Rudolf Hess, orang-orang yang sangat dekat dengan Adolf Hitler.

Mereka termasuk wakil dari jutaan orang yang memungkinkan Hitler naik tahta. Tanpa rezim NS, Hitler tidak bisa bertahan. Mereka harus bertanggung jawab untuk kesalahan massa yang sebagian diam seribu basa, tetapi kebanyakan bersorak-sorai.

Mereka termasuk minoritas yang selama dua belas tahun bukan hanya tahu tentang praktek ngeri yang dilakukan kaum Nazi, tetapi juga ikut melaksanakannya.

Anak manis

Josef Mengele dilahirkan 16 Marct 1911 sebagai anak sulung dari pemilik pabrik mesin pertanian Karl Mengele di Gunzburg, dekat Donau. la mempunyai dua adik laki-laki, yang tahun tiga puluhan masuk dalam usaha ayahnya, "Karl Mengele & Soline" (Perusahaan itu sekarang merupakan salah satu perusahaan alat-alat pertanian terbesar di Jerman dengan omzet sekitar 250 juta mark setahun).

Josef waktu kecil anak yang halus dan manis. Hobinya musik dan kesusastraan. la suka menulis sajak dan naskah sandiwara. Menurut bekas rekan-rekan dan gurunya sekarang, dia tidak sadis dan teman yang menyenangkan, suka belajar dan tidak sok ingin menonjol.

Baca juga: Mengharukan, Pria Berusia 102 Tahun yang Kehilangan Keluarganya Karena Holocaust Nazi Bertemu Keponakannya untuk Pertama Kalinya