Find Us On Social Media :

Menggali Makna Tersembunyi: Kurikulum sebagai Jendela Pembelajaran Siswa

By Afif Khoirul M, Minggu, 28 Juli 2024 | 12:10 WIB

Setidaknya sudah 11 kali Indonesia berganti kurikulum, sejak 1947. Artikel ini semoga bisa menemani Anda di hari pertama masuk sekolah.

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-online.com - Dalam lorong-lorong diskusi pendidikan, seringkali kita mendengar istilah "kurikulum". Kata yang tampaknya sederhana ini menyimpan makna yang lebih dalam, melampaui sekadar daftar mata pelajaran atau silabus yang harus dikuasai siswa.

Kurikulum, dalam hakikatnya, adalah sebuah perjalanan pembelajaran yang menyeluruh, mencakup segala aspek yang membentuk pengalaman belajar siswa.

Kurikulum, Lebih dari Sekadar Daftar Pelajaran

Memandang kurikulum sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid bukanlah sekadar hiperbola. Kurikulum adalah fondasi yang menopang seluruh proses pembelajaran, merangkum tujuan, materi, metode, penilaian, dan bahkan interaksi sosial yang terjadi di dalam lingkungan pendidikan.

Setiap mata pelajaran yang diajarkan, setiap buku yang dibaca, setiap eksperimen yang dilakukan, setiap diskusi yang terjalin, semuanya adalah bagian dari kurikulum.

Kurikulum tidak hanya tentang pengetahuan yang dipelajari, tetapi juga tentang keterampilan yang diasah, nilai-nilai yang ditanamkan, dan karakter yang dibentuk.

Kurikulum sebagai Penuntun Pengembangan Diri

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang mampu menggali potensi terbaik setiap siswa. Ia tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga menginspirasi rasa ingin tahu, mendorong semangat eksplorasi, dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis.

Kurikulum yang bermakna adalah kurikulum yang relevan dengan kehidupan siswa. Ia mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan, dan membekali mereka dengan nilai-nilai yang akan membimbing langkah mereka di masyarakat.

Baca Juga: Raden Saleh Sang Pangeran Ajaib Dan Inspirasi Baju Indonesia Pada Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Kurikulum sebagai Jembatan Menuju Masa Depan

Kurikulum bukanlah sekadar dokumen statis yang tersimpan di rak buku. Ia adalah peta jalan yang terus berkembang, menyesuaikan diri dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Kurikulum yang adaptif adalah kurikulum yang mampu merespons perkembangan teknologi, tren global, dan tuntutan dunia kerja.

Kurikulum yang visioner adalah kurikulum yang tidak hanya mempersiapkan siswa untuk masa kini, tetapi juga untuk masa depan. Ia mengajarkan keterampilan yang akan tetap relevan di tengah perubahan yang cepat, seperti kemampuan belajar mandiri, berpikir kreatif, dan berkolaborasi secara efektif.

Kurikulum sebagai Ruang Kolaborasi

Kurikulum bukanlah produk jadi yang diserahkan begitu saja kepada siswa. Ia adalah hasil kolaborasi antara guru, siswa, orang tua, dan seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Kurikulum yang partisipatif adalah kurikulum yang melibatkan semua pihak dalam perencanaannya, pelaksanaannya, dan evaluasinya.

Kurikulum yang demokratis adalah kurikulum yang menghargai keberagaman siswa, memberikan ruang bagi mereka untuk mengekspresikan diri, dan mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan di lingkungan mereka.

Mengubah Paradigma tentang Kurikulum

Kurikulum yang dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid bukanlah sekadar konsep abstrak. Ia adalah sebuah paradigma yang mengubah cara kita memandang pendidikan.

Kurikulum bukan lagi sekadar alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi tujuan itu sendiri.

Kurikulum yang holistik adalah kurikulum yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik.

Ia mengajarkan siswa untuk menjadi manusia yang utuh, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang seimbang.

Baca Juga: Sebagai Acuan Pembelajaran: Capaian Pembelajaran Diturunkan Menjadi Alur Tujuan Pembelajaran

Kurikulum sebagai Warisan Berharga

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang meninggalkan jejak positif dalam diri siswa. Ia bukan hanya tentang apa yang dipelajari di sekolah, tetapi juga tentang bagaimana pembelajaran itu membentuk karakter, menginspirasi mimpi, dan mengubah hidup.

Kurikulum yang bermakna adalah kurikulum yang membekali siswa dengan bekal yang cukup untuk menjalani kehidupan yang sukses dan bermakna. Ia adalah warisan berharga yang akan terus dikenang dan diapresiasi oleh generasi mendatang.

Menutup Perjalanan, Membuka Cakrawala

Dalam perjalanan menggali makna kurikulum, kita telah menemukan bahwa kurikulum bukanlah sekadar daftar pelajaran atau silabus, melainkan sebuah pengalaman belajar yang holistik dan transformatif.

Kurikulum adalah jendela yang membuka cakrawala pengetahuan, keterampilan, nilai, dan karakter bagi siswa.

Kurikulum yang dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid adalah sebuah paradigma yang mengubah cara kita memandang pendidikan. Ia adalah sebuah komitmen untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi muda, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan, dan menjadi agen perubahan di masyarakat.

*

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---