Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, Keresahan para Orang Tua Siswa Baru Bakal Sirna, Ada BLT PIP Rp1 Juta Siap Masuk Rekening, Simak Cara Melihat Sudah Cair atau Belum di Sini

By Ade S, Selasa, 25 Juli 2023 | 15:03 WIB

Menurut jadwal BLT PIP Kemdikbud, bansos ini bakal cair maksimal Rp1 juta pada bulan April 2023 ini, lalu bagaimana cara cek bansos ini?

Intisari-Online.com - Tahun ajaran baru 2023/2024 sudah dimulai. Bagi orang tua siswa baru, tentu ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari seragam, buku, hingga perlengkapan sekolah lainnya.

Namun, jangan khawatir, karena pemerintah telah menyiapkan bantuan PIP maksimal Rp1 juta untuk siswa dari keluarga kurang mampu atau rawan miskin.

Bantuan PIP atau Program Indonesia Pintar adalah program bantuan pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa menyelesaikan pendidikan sampai tingkat menengah.

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda atau anak Anda berhak mendapatkan bantuan PIP? Bagaimana cara mengecek rekening penerima PIP?

Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Tujuan PIP

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program bantuan pendidikan dari pemerintah yang memberikan uang tunai, akses, dan kesempatan belajar kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu atau rawan miskin.

PIP bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu/rawan miskin/prioritas agar dapat menyelesaikan pendidikan sampai tingkat menengah, baik melalui jalur formal dari SD sampai SMA/SMK maupun jalur non formal dari paket A sampai paket C dan pendidikan khusus.

Program ini diharapkan dapat mencegah siswa putus sekolah, dan mengajak siswa yang sudah putus sekolah untuk kembali bersekolah.

PIP juga bertujuan untuk mengurangi beban biaya pendidikan pribadi siswa, baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga: Bismillah, Siswa Bisa Mulai Tahun Ajaran Baru dengan BLT PIP Rp1 Juta, Segera Buka Situs Ini