Find Us On Social Media :

Peristiwa PDI Perjuangan Menang Telak di Pemilu 7 Juni 1999, Pemilu Pertama Pada Masa Orde Baru

By Afif Khoirul M, Rabu, 7 Juni 2023 | 15:15 WIB

Ilustrasi - Pemilu 1999

Intisari-online.com - Pada tanggal 7 Juni 1999, Indonesia menggelar pemilihan umum (pemilu) legislatif pertama di era reformasi.

Pemilu ini merupakan hasil dari tuntutan reformasi yang mengakhiri pemerintahan Orde Baru di bawah Presiden Soeharto.

Pemilu ini juga menjadi pemilu terakhir yang diikuti oleh Provinsi Timor Timur sebelum memisahkan diri dari Indonesia.

Pemilu 1999 diikuti oleh 48 partai politik yang mencerminkan berbagai aliran dan ideologi politik di Indonesia, kecuali komunisme yang dilarang oleh undang-undang.

Jumlah partai peserta ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya di masa Orde Baru yang hanya melibatkan tiga partai, yaitu Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Pemilu 1999 dimenangkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri, putri dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

PDI-P meraih 35.689.073 suara atau 33,74 persen dari total suara sah, dan mendapatkan 153 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

PDI-P unggul jauh dari partai-partai lainnya, termasuk Golkar yang merupakan partai penguasa di masa Orde Baru.

Kemenangan PDI-P menunjukkan tingginya popularitas dan simpati rakyat terhadap Megawati yang sebelumnya sempat dicopot dari jabatan ketua umum PDI oleh pemerintah Orde Baru pada tahun 1996.

Megawati juga dianggap sebagai representasi dari nasionalisme dan demokrasi yang menjadi aspirasi rakyat di tengah krisis politik dan ekonomi yang melanda Indonesia.

Pemilu 1999 juga menjadi awal dari proses transisi demokrasi di Indonesia yang berlanjut dengan pemilihan presiden secara tidak langsung oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Oktober 1999.

Baca Juga: Tak Wajibkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye, KPU Justru Buat Sistem yang Lebih Transparan Lewat Ini