Find Us On Social Media :

Menyakitkan, Ternyata Inilah Sosok Pembisik Habibie yang Picu Pemecatan Prabowo dari Pangkostrad

By Ade S, Rabu, 24 Mei 2023 | 14:10 WIB

Foto yang mengabadikan momen Pangab Wiranto memecat Prabowo dari militer.

Intisari-Online.com - Salah satu momen yang paling tidak terlupakan dari peristiwa reformasi 1998 adalah pemecatan Prabowo Subianto dari jabtan jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Maklum, keputusan tentang pencopotan tersebut dinilai diambil dengan sangat tergesa-gesa.

Habibie, yang baru saja dilantik sebagai Presiden ketiga Indonesia, menggantikan Soeharto yang lengser, langsung mengambil keputusan besar tersebut.

Hanya berselang sehari setelah pelantikannya, pada 22 Mei 1998, Habibie nekat untuk memutus karier cemerlang Prabowo Subianto di korps militer Indonesia.

Penyebabnya? Sebuah bisikan dari sosok besar saat itu!

Siapakah sosok yang dimaksud? Apa pula bisikan yang disampaikannya kepada Habibie? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Pemecatan Prabowo

Usai dilantik, Habibie mencopot Prabowo dari posisinya sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), pada tanggal 23 Mei 1998.

Padahal, saat itu Habibie mengaku bahwa dirinya merasa was-was terhadap dampak dari keputusan besar yang ia ambil itu.

“Bagaimana sikap dan tanggapan Pak Harto mengenai kebijakan saya menghentikan Prabowo dari jabatannya sebagai Pangkostrad? Apakah Beliau tersinggung dan menugaskan menantunya untuk bertemu saya,” tulis Habibie dalam buku Detik-detik yang Menentukan. Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi (2006), seperti dikutip dari kompas.com.

Baca Juga: Hari Ini Seperempat Abad Silam, Habibie Nekat Pecat Prabowo, Picu Peristiwa Mencekam Ini di Istana