Find Us On Social Media :

Sudah Divonis Hukuman Mati, Kapan Eksekusi Sambo Berlangsung?

By Ade S, Selasa, 14 Februari 2023 | 09:07 WIB

Setelah Ferdy Sambo, muncul pertanyaan di masyarakat: kapan eksekusi Sambo? Untuk menjawabnya, mari kita bedah data-data berikut ini.

Intisari-Online.com - Sidang kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sudah mencapai puncaknya saat Ferdy Sambo divonis hukuman mati.

Vonis hakim kepada mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) tersebut pun dinilai sebagian besar masyarakat sudah sesuai.

Bahkan, seperti tidak sabar, pencarian dengan kata kunci "kapan eksekusi sambo" pun meningkat di mesin pencarian Google sejak Rabu (13/2/2023).

Masyarakat seolah tidak sabar menunggu vonis yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023), tersebut ditindaklanjuti.

Namun, untuk menemukan jawabannya, kita harus menyimak beberapa langkah hukum yang dapat dilakukan oleh Ferdy Sambo.

Seperti diketahui, Ferdy Sambo akhirnya dijatuhi hukuman vonis mati karena dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

"Menyatakan terdakwa Ferdy Sambo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menurut hukum melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana dan tanpa hak melakukan yang menyebabkan sistem elektronik tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” ujar Wahyu Iman Santoso, seperti dilansir dari kompas.com, Selasa (14/2/2023).

"Menjatuhkan terdakwa dengan pidana mati," tutur Wahyu melanjutkan.

Eks anggota Polri tersebut dinilai terbukti melanggar Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) juncto Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

Selain itu, mantan jenderal bintang dua tersebut juga dinilai terbukti melanggar Pasal 49 UU ITE juncto Pasal 55 KUHP karena terlibat obstruction of justice atau perintangan penyidikan terkait pengusutan kasus kematian Yosua.

Baca Juga: Senasib dengan Ferdy Sambo yang Dijatuhi Hukuman Mati, Ini Gribaldi Handayani Polisi Jambi yang Diklaim Lebih Keji