Find Us On Social Media :

Apa Kesepakatan Tentang Dasar Negara yang Dihasilkan dari Anggota BPUPKI yang Memiliki Keragaman Latar Belakang Agama dan Budaya?

By Khaerunisa, Kamis, 22 Desember 2022 | 16:05 WIB

Soekarno berpidato dalam sidang BPUPKI. Ilustrasi Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI.

Intisari-Online.com - Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan kebudayaan?

Pertanyaan "Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan kebudayaan?" terdapat pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X halaman 152.

Setelah dibentuk pada 29 April 1945, BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia, melaksanakan sidang sebanyak dua kali.

Sidang pertama diselenggarakan pada pada 29 Mei 1945 hingga 1 Juni 1945, sementara itu sidang kedua pada tanggal 10-17 Juli 1945.

Keanggotaan dan pelaksanaan sidang BPUPKI menjadi salah satu contoh bagaimana bangsa Indonesia menjalankan toleransi dalam keberagaman yang ada.

Seperti diketahui Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama dan budaya.

Namun, untuk menjadi negara Indonesia, kemajemukan yang ada di Indonesia terjalin dalam satu kesatuan bangsa yang utuh dan berdaulat.

Indonesia adalah negara yang memayungi berbagai kebudayaan di dalamnya.

Kebinekaan budaya difasilitasi dan dimajukan. Tak hanya itu, Indonesia memfasilitasi segala macam ragam kebudayaan yang berkolaborasi dari Sabang sampai Merauke.

Kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan dari Aceh hingga Papua.

BPUPKI memiliki anggota sebanyak 70 orang yang berlatarbelakang suku dan agama yang tidak sama.

Baca Juga: Soal PPKN Kelas X: Bagaimana Cara Menumbuhkan Sikap Hormat Terhadap Tradisi atau Budaya Masyarakat di Indonesia?