Find Us On Social Media :

Habiskan Biaya Lebih dari Rp100 Triliun Bahkan Sampai Pakai Uang Rakyat, Kereta Cepat Jakarta Bandung Malah Tak Sampai Kota Bandung, Harus Pakai Cara Ini Baru Sampai

By Mentari DP, Sabtu, 16 Juli 2022 | 09:45 WIB

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Intisari-Online.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung terus mendapat kritik.

Ada beberapa alasan mengapa proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung terus dikritik.

Pertama, karena Indonesia lebih memilih China daripada Jepang. untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Kedua, karena biaya proyek ini terus membengkak.

Awalnya, biaya proyek sekitar Rp84,9 triliun. Tapi naik sekitar Rp26,6 triliun.

Artinya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung menghabiskan dana lebih dari Rp100 triliun.

Belum lagi faktanya proyek ini menggunakan uang APBN senilai Rp4,3 triliun atas izin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kritik ketiga dikarenakan jarak Jakarta Bandung yang relatif dekat, yaitu hanya sekitar 150 kilometer.

Padahal ada banyak mode transportasi antara Jakarta dan Bandung.

Dan meski menghabiskan triliunan dana, rupanya Kereta Cepat Jakarta Bandung ini tidak menghubungkan Kota Jakarta dengan Kota Bandung. 

Ya, dilansir dari kompas.com pada Sabtu (16/7/2022), stasiun akhir di Kota Bandung tidak terletak di tengah Kota Bandung.

Akan tetapi lokasinya berada di Tegalluar yang masuk Kabupaten Bandung, dan Stasiun Padalarang yang merupakan wilayah Kabupaten Bandung Barat. 

Baik Tegalluar dan Padalarang, keduanya adalah wilayah pinggiran atau daerah penyangga Kota Bandung.

Dari dua daerah itu, untuk ke Bandung, maka Anda setidaknya membutuhkan tambahan waktu sekitar 30-45 menit.

Tentu saja jangan lupakan kemacetan.

Tapi jika Anda tidak mau kena macet, maka Anda bisa turun di Stasiun Padalarang. Kemudian berjalan kaki menuju Stasiun KA Padalarang.

Ya, Anda bisa berganti moda ke KA reguler yang dioperasikan oleh PT KAI untuk menuju ke Stasiun Bandung.

Kira-kira durasi perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung mencapai 18 menit.

Tapi jika Anda berhenti di Stasiun Cimahi, maka durasi perjalanan menjadi 22 menit.

Yang buat semakin ruwet adalah harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung dipatok mencapai Rp350.000 sekali jalan.

Jauh di atas harga tiket kereta biasa yang rata-rata Rp75.000 sampai Rp140.000 (eksekutif).

Tidak heran proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ini disebut sebagai proyek serba "nanggung".

Namun menghabiskan banyak biaya.

"Kereta Cepat Jakarta Bandung proyek yang nanggung, karena apa?," tanya Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno.

"Stasiun terakhirnya ada di pinggiran keramaian di Tegalluar, bukan di Kota Bandung," jelas Djoko. 

Jadi apakah Anda berminat naik Kereta Cepat Jakarta Bandung?

Baca Juga: Pantas China Mati-matian Dorong Pembangunan Kereta Cepat, Media Inggris Ungkap Posisi Indonesia dalam Rencana Besar China Kuasai Dunia