Find Us On Social Media :

Berusia 800 Tahun, Ditemukan Belati Bollock Abad Pertengahan di Belgia, dengan Bentuk Gagang Khas, yang Serupai Dua Kantong Pelindung pada Bagian Intim Pria

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 2 April 2022 | 13:05 WIB

Belati Abad Pertengahan yang ditemukan di Belgia.

Intisari-Online.com – Tak heran bila orang-orang zaman dulu memang kreatif dan mampu memproduksi senjata dalam berbagai bentuk.

Belati ginjal abad pertengahan ini ditemukan di Belgia.

Saat menggali di dekat Katedral St. Martin di kota Ypres, para arkeolog menemukan banyak artefak kuno, salah satunya belati ini, yang ditemukan di daerah yang sama dengan bagian dari bekas pelabuhan kota ditemukan.

Belati itu juga disebut sebagai belati bollock karena bentuk gagangnya berbentuk khas, dengan dua pembengkakan oval pada pelindung yang menyerupai testis laki-laki (‘bollocks’).

Umum bagi pria membawa belati kecil dan sempit di pinggang selama Abad Pertengahan.

Belati itu berfungsi sebagai pedang kedua.

Belati itu populer di Skandinavia, Flanders, Wales, Skotlandia, dan Inggris antara abad ke-13 dan ke-18, khususnya periode Tudor.

"Pria juga memakainya dengan sangat sugestif di antara kaki. Bukan karena nyaman, tapi sebagai parodi atau lelucon," Hannelore Franck dari Museum Ypres menjelaskan.

Baca Juga: Berusia 1.000 Tahun, Makam Ahli Bedah Sican yang Kenakan Topeng Emas, Ditemukan di Peru dengan Beberapa Instrumen Bedah Tengkorak Terbuat dari Emas dan Perak di Dalamnya, Siapa Dia?

 Baca Juga: Berusia 3.300 Tahun, Gelang Kuno Langka Orang Het dari Peradaban Kuno yang Hilang, Unik dengan Simbol, Ditemukan oleh Petani di Tanah Garapannya

Belati itu memiliki titik sempit panjang yang digunakan untuk menusuk ginjal musuh.

Selain belati ginjal, para arkeolog juga menemukan koin Abad Pertengahan, peralatan makan, dan kendi.