Find Us On Social Media :

Perkara di Ukraina Belum Kelar, Rusia Malah Sudah Memanas dengan Negara Asia Ini, Berawal Dari Sengketa Pulau Ini Sampai Menolak Perjanjian Damai

By Afif Khoirul M, Rabu, 23 Maret 2022 | 16:55 WIB

Putin Perintahkan Nuklir Rusia Siaga Tinggi

Intisari-online.com - Berdasarkan perjanjian pertukaran bebas visa antara Kepulauan Kuril Selatan Rusia dan Jepang pada tahun 1991 dan perjanjian pada tahun 2018.

Pada 1999 secara sederhana aturan perjalanan bagi orang Jepang yang ingin mengunjungi bekas kediaman mereka di Kuril Selatan.

Kepulauan Kuril Selatan adalah sekelompok empat pulau di selatan Kepulauan Kuril yang disengketakan antara Rusia dan Jepang.

Tokyo menyebut kelompok pulau yang saat ini dikelola oleh Rusia sebagai Wilayah Utara.

Tapi, menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, Moskow akan menghentikan dialog dengan Jepang tentang kegiatan ekonomi bersama di Kuril Selatan/Wilayah Utara.

Lalu, mencegah Jepang melanjutkan posisinya sebagai mitra dialog sektoral Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi Laut Hitam.

Mantan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev mengatakan bahwa Rusia dan Jepang tidak akan pernah mencapai konsensus mengenai sengketa Kepulauan Kuril.

Medvedev, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, mengatakan pengembangan Kepulauan Kuril lebih penting daripada negosiasi dengan Jepang , menurut kantor berita TASS.

Baca Juga: Padahal Baru Berjalan 3 Bulan pada Tahun 2022, Rupanya 3 Ramalan Baba Vanga Menjadi Kenyataan, Salah Satunya Perang Rusia-Ukraina

Baca Juga: Gara-Gara Perang Rusia-Ukraina, Ternyata Berpengaruh Pada Reputasi Amerika, Sekutu Amerika di Timur Tengah Ini Langsung Berpaling dari AS, Apa Penyebabnya?

"Rusia telah menolak untuk bernegosiasi tentang penandatanganan perjanjian damai dengan Jepang. Ini adalah langkah yang masuk akal dan sepenuhnya adil," kata Medvedev.

Menurut Medvedev, "jelas" bahwa Rusia dan Jepang tidak akan pernah mencapai kesepakatan tentang sengketa Kepulauan Kuril (Jepang menyebut Wilayah Utara).