Find Us On Social Media :

Disebut Bikin Malu China, Siapa Sangka Invasi Rusia ke Ukraina Membuat Sekutunya Ini Harus Menanggung Malu, Hal Ini Jadi Penyebabnya

By May N, Sabtu, 19 Maret 2022 | 17:30 WIB

(ilustrasi) Vladimir Putin dan Xi Jinping

Intisari - Online.com - Invasi Vladimir Putin yang goyah terhadap Ukraina telah menyebabkan "rasa malu yang mengerikan" bagi China di panggung dunia, karena Xi Jinping "membayar harganya" karena mempercayai Rusia.

Sementara China bersikeras mereka netral, media pemerintah negara itu telah ketahuan menyebarkan propaganda pro-Kremlin tentang perang tersebut, dilansir dari Express.

Berbicara kepada BBC, seorang pakar kebijakan luar negeri mengatakan Beijing "membayar harga" karena mempercayai Rusia, menyebut aliansi antara keduanya sebagai kesalahan mahal bagi Presiden Xi Jinping.

Ian Johnson, seorang rekan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan: "Dalam sudut pandang China, mereka berharap ini akan hilang begitu saja.

"Ini bukan untuk kepentingan China.

"Sungguh memalukan bagi kebijakan luar negeri yang ditempuh di bawah Xi Jinping untuk mencari negara otoriter besar yang mereka pikir kuat di Rusia dan untuk membentuk aliansi dengannya."

Ini terjadi setelah Presiden Xi dan mitranya dari AS Joe Biden mengadakan panggilan telepon pertama mereka sejak November sebelumnya hari ini.

Dalam panggilan mereka, pemimpin China mengatakan konflik antar negara "tidak ada kepentingan siapa pun", menurut TV pemerintah China.

Baca Juga: Berita Buruk Bagi Ukraina, Hancur Total Dibombardir Rusia, Negara Itu Disebut-Sebut Terkepung Total Oleh Militer Rusia Tak Ada Jalan Lain Selain Menyerah?

Baca Juga: Rumor Beredar! China Disebut Sudah Bergerak Menuju Perbatasan Rusia-Ukraina, Bersiap Untuk Melindungi Ukraina Dari Seerangan Nuklir, Ini Faktanya!

Pembawa acara BBC yang berbicara dengan Johnson menunjukkan bahwa China masih "menyebutnya sebagai krisis, bukan perang - mereka belum mengutuknya".

Mr Johnson melanjutkan: "Ini telah terbukti menjadi kesalahan strategis dan mereka membayar harga untuk itu.