Find Us On Social Media :

Kisah Tragis Ratu Joanna Wanita yang Tergila-Gila Dengan Suaminya Sampai Tak Rela dengan Kematiannya Sampai Nekat Tidur Disebelah Mayat Suaminya Sampai Membusuk

By Afif Khoirul M, Kamis, 17 Maret 2022 | 17:16 WIB

Joanna dari Kastilla, atau Joanna the Mad.

Intisari-online.com - Dari sekian banyak raja gila dalam sejarah, kisah Joanna dari Kastilia tetap yang paling tragis.

Lahir di kota Toledo, Joanna the Mad adalah anak ketiga dari Ferdinand II dari Aragon dari Royal House of Trastámara dan Isabella I dari Castile.

Sejarawan menggambarkan Joanna memiliki kulit putih, kecantikan bermata biru dengan campuran rambut pirang stroberi dan warna pirang.

Sebagai bayi, Joanna adalah bayi gelisah yang banyak menangis.

Dia tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas, meskipun anak yang murung yang sering lebih suka menyendiri.

Kegemarannya membaca membuatnya menguasai bahasa Kastilia, Catalan, dan Galaico-Portugis serta Prancis dan Latin.

Ratu muda itu juga pandai menari dan memainkan clavichord. Tapi karena dia tidak diharapkan untuk naik takhta, sebaliknya dia dilatih untuk menjadi istri yang cocok dalam pernikahan bermuatan politik.

Pada usia 16 tahun, Joanna menikah dengan Philip yang Tampan, Adipati Burgundia.

Philip yang diberi gelar sederhana adalah putra Kaisar Maximilian, dan disebut tampan karena mata biru-abu-abu baja dan rambut pirangnya.

Baca Juga: Retak dan Terbuka, ‘Batu Pembunuh’ Jepang Kuno Berisi Roh Jahat yang Jelma Jadi Seorang Wanita Cantik dan Berencana Bunuh Kaisar Terperangkap di Dalamnya Lebih dari 1.000 Tahun Lalu

Baca Juga: Kekejaman Kaisar Nero: Membunuh Kedua Istrinya, Ibunya, dan Bibinya dan Menikahi Dua Pria, Masih Dilanjutkan dengan Tiduri Ibunya Sendiri dan Puncaknya Membakar Kota Roma

Pada 20 Oktober 1496, Joanna dari Kastilia secara resmi menikah dengan Philip yang Tampan di Lier (utara Brussel modern).