Find Us On Social Media :

Retak dan Terbuka, ‘Batu Pembunuh’ Jepang Kuno Berisi Roh Jahat yang Jelma Jadi Seorang Wanita Cantik dan Berencana Bunuh Kaisar Terperangkap di Dalamnya Lebih dari 1.000 Tahun Lalu

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 16 Maret 2022 | 12:05 WIB

Batu pembunuh yang terbelah, diduga berisi iblis yang terperangkap

Intisari-Online.com – Dalam sebuah ilustrasi balok kayu, digambarkan seorang pejuang Jepang Kuno menantang Tamamo-no-mae, seekor rubah berekor sembilan yang menyamar sebagai seorang wanita yang mencoba membunuh kaisar.

Legenda menyebutkan ‘batu pembunuh’ itu baru-baru ini terbelah dua, mengandung semangat dendamnya.

Sebuah batu retak di kota kecil Nasu, yang terletak di Prefektur  Tochigi Jepang, menarik banyak perhatian, lapor Justin McCurry untuk Guardian.

Berita tersebut menyebar ke seluruh media sosial Jepang, bahwa sebuah batu terkenal yang dikabarkan berisi ‘setan’ telah terbelah menjadi dua.

Menurut cerita rakyat setempat, batu vulkanik yang disebut Sessho-seki (berarti ‘batu pembunuh’) ini berisi roh jahat Tamamo-no-Mae, rubah berekor sembilan yang berwujud wanita cantik.

Dia terlibat dalam plot untuk menggulingkan Kaisar Toba, yang memerintah dari tahun 1107 hingga 1123, melansir Guardian.

Tetapi, seorang prajurit bernama Miura-nosuke mengetahui rencana itu, lalu membunuhnya sebelum roh jahat itu bisa mengeksekusinya.

Setelah kematiannya, arwah Tamamo-no-Mae yang melarikan diri terperangkap di dalam bongkahan batu vulkanik.

Baca Juga: Kisah Sohei dan Yamabushi, Biksu Prajurit Jepang Kuno yang Menakutkan, Kombinasikan Agama dengan Kekerasan?

 Baca Juga: Misteri Kofun, Lebih Besar dari Piramida, Rahasia Makam Jepang Kuno Terungkap, Citra Satelit Tunjukkan Penguburan Berbentuk Lubang Kunci Hadap ke Arah Busur Matahari Terbit, Dewi Amaterasu

Menurut mitos, batu itu akan membunuh siapa saja yang menyentuhnya, melansir Newsweek.

Menurut Guardian, batu itu menjadi tengara sejarah pada tahun 1957, dan dirujuk dalam beberapa karya terkenal  Jepang termasuk penyair Zen Matsuo Basho’s dalam The Narrow Road to the Deep North, sebuah drama, novel, dan film anime.