Find Us On Social Media :

Indahnya! Terungkap Misteri Belati yang Indah Milik Firaun Tutankhamun yang Ditemukan dalam Muminya, Gagangnya Terbuat dari Emas Berbutir dengan Hiasan Batu Kristal, Namun Tidak Dibuat di Mesir

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 5 Maret 2022 | 12:00 WIB

Belati Tuntankhamun yang ditemukan dalam pemakamannya.

Intisari-Online.com – “Di sebelah rok, di sepanjang paha kanan, termasuk dalam korset yang sama dengan rok, ada belati yang unik dan luar biasa, berselubungkan selendang emas.

Gagangnya terbuat dari emas berbutir, dihiasi dengan pita kristal batu berwarna.

Tetapi fitur yang paling menakjubkan dan paling luar biasa dari senjata yang indah itu adalah bilahnya terbuat dari besi, masih mengkilap dan seperti baja.”

Demikianlah bagaimana ahli Mesir Kuno Howard Carter, penemu makam Tutankhamun di Lembah Para Raja pada tahun 1922, menggambarkan dalam karyanya The Tomb of Tutankhamun.

Dia mengungkapkan keheranannya ketika menemukan belati besi meteorik yang terkenal di antara perban yang menutupi mumi firaun.

Belati itu menemani penguasa Mesir seolah-olah itu adalah salah satu miliknya yang paling berharga.

Senjata luar biasa yang ditemukan di makam Tutankhamun (yang merupakan pendamping dari yang serupa lainnya, tetapi bilahnya ditempa dengan emas) berukuran panjang hampir 35 cm dan  bilah besinya mengandung 11 persen nikel dan 0,6 persen nikel kobalt, menunjukkan bahwa logam berasal dari meteorit.

Asal usul logam dari luar bumi yang digunakan untuk membuat bilah belati unik ini dikonfirmasi pada tahun 2016 melalui studi komposisi kimianya.

Baca Juga: Sungguh Indah! Seperti Ini Potongan Mewah dari Perhiasan Mesir Kuno, Tak Hanya Digunakan Saat Masih Hidup, Juga Sebagai Bagian dari Upacara Pemakaman untuk Mencapai Keabadian

 Baca Juga: Tak Hanya Piramida atau Mumi Firaun Tutankhamun, Ini 12 Tempat Menakjubkan yang Bisa Dikunjungi di Mesir, Ada yang Lebih Baik Dikunjungi Malam Hari

Tetapi konfirmasi ini tidak menjawab semua pertanyaan yang muncul di sekitar objek dengan karakteristik khusus seperti: Bagaimana itu dipalsukan dan di mana.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Institut Teknologi Chiba di Jepang, yang dipimpin oleh Takafumi Matsui, bekerja sama dengan para ahli Mesir, telah mengkonfirmasi.