Find Us On Social Media :

Kematian Misterius Istri Tutankhamun, Ratu Ankhesenamun yang Hidupnya Penuh Kesengsaraan, Akhiri Garis Darah Amarna Sejati dan Sejarah Mesir Kuno, Benarkah Dia Dibunuh?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 3 Januari 2022 | 12:40 WIB

Tutankhamun dan istrinya, Ankhesenamun, yang meninggalnya secara misterius.

Intisari-Online.com – Orang tentunya berharap bahwa Ankhesenamun, sebagai putri dari ratu Mesir Nefertiti dan Akhenaten, salah satu penguasa paling terkenal di Tanah Firaun, pastinya dapat menikmati kehidupan yang nyaman.

Namun, Ankhesenamun, lahir sekitar tahun 1348 SM.

Itu adalah selama periode waktu yang bermasalah dalam sejarah Mesir Kuno, karena revolusi agama yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu dan hidupnya penuh dengan kesedihan.

Hingga kini, sejarawan masih berusaha mencari tahu apa yang menyebabkan kematian misteriusnya dan mengapa dia menghilang dari catatan sejarah.

Baca Juga: Dimulai dengan Penandatanganan Kontrak Pernikahan, Beginilah Tradisi Perkawinan dan Sistem Keluarga di Mesir Kuno, Pernikahan Sedarah pun Mungkin Terjadi di Kalangan Para Pembesar Negara

 

Lahir sebagai Ankhesenpaaten, gadis muda itu dibesarkan di ibu kota baru ayahnya, Akhetaten, yang sekarang bernama Amarna.

Dia merupakan anak ketiga dari enam putri Firaun Akhenaten, dan Istri Kerajaan Agung Nefertiti.

Firaun Akhenaten dan Ratu Nefertiti, keduanya adalah individu yang kontroversial.

Mereka melanggar tradisi, yang kemudian menyebabkan revolusi agama, di mana mereka menyembah satu dewa saja, yaitu Aten, atau Cakram Matahari.

Baca Juga: ‘Cintailah Istrimu dan Buat Dia Bahagia Selama Kamu Hidup’, Bila Demikian Mungkinkah Terjadi Perceraian di Mesir Kuno? Inilah Sejarah Cinta dan Pernikahan yang Berakar dari Tradisi dan Kebiasaan