Penulis
Intisari-Online.com – Sekitar dua ratus tahun sebelum zaman Tutankhamun, pengapdosian kereta kuda oleh orang Mesir tidak hanya mengubah karakter metode berburu dan berperang.
Tetapi juga memberi kesempatan kepada seniman untuk memperkenalkan elemen yang aktif dan gerakan lebih besar ke dalam representasi dari berbagai kegiatan kerajaan.
Akhenaton yang cinta damai dan ratunya, Nefertiti, bahkan sering ditampilkan di relief dinding makam pejabat tinggi di Armana yang mengendarai kereta.
Diikuti oleh putri mereka,yang juga berada di kereta, masing-masing kereta ditarik oleh sepasang orang kaya yang berpakaian rapi, ‘kuda’ yang hidup.
Di dalam peti matinya,Tutankhamun digambarkan dengan dicat yang baik, sedang berburu dan bertarung di atas kereta.
Juga menembak burung unta dari keretanya dan kembali dari perburuan.
Konsep raja sebagai prajurit gagah dan pemburu adalah inovasi dari Dinasti Kedelapan Belas dan citra dipertahankan sebagai konvensi artistik apakah sesuai atau tidak dengan kenyataan dalam kasus raja tertentu.
Nah, pada gesper emas kerawang ini, Tutankhamun ditampilkan mengendarai keretanya, seolah-olah kembali dari pertempuran melawan orang Asia dan Nubia.
Dua tawanan, satu dari masing-masing musuh, sedang didorong di depan kereta yang dibawa oleh anjing raja.
Keduanya diikat bersama oleh batang papirus dan bunga bakung.
Ini hanyalah sebuah alat heraldik, tanpa dasar fakta sejarah, karena tidak ada bukti bahwa Tutankhamun ikut serta dalam setiap eksploitasi militer.
Karena bangsa Asiatik menduduki wilayah timur laut Mesir, dan Nubia terletak di selatan, secara geografis tidak mungkin berperang melawan kedua musuh ini dalam satu kampanye militer.
Sifat heraldik dari representasi ini juga ditekankan pada elemen lain, seperti burung nasar pelindung dewi Nekhbet dari Mesir Hulu melayang di atas raja dan membentangkan tanda kehidupan ke arahnya (atau ankh)
Demi kobra bersayap, Wadjet dari Mesir Hilir di belakangnya merangkul dengan sayapnya cincin oval, atau cartouche, bertuliskan namanya, Nebkheperura.
Dan di sebelah kiri Wadjet, yaitu kumpulan papirus yang tumbuh di rawa, juga melambangkan Mesir Hilir.
Pada bidang berbentuk busur di dasar gesper merupakan ide umum yang sama diwakili oleh simbol yang agak berbeda.
Di tengah adalah tanda hieroglif untuk ‘penyatuan’ (sema); terikat padanya oleh batang papirus dan bunga teratai adalah tawanan Asia dan Nubia berjanggut.
Mengapit kelompok, di sebelah kanan, adalah bunga bakung Mesir Hulu, dan di sebelah kiri, papirus, dengan dua tunas, Mesir Hilir.
Sebuah interpretasi perkiraan dari dua adegan adalah bahwa Tutankhamun, dilindungi oleh dewi Nekhbet dan Wadjet dan didukung oleh orang-orang Mesir Hulu dan Hilir, akan mengalahkan semua musuhnya.
Raja mengenakan jubah panjang berlipit,mirip dengan jubah di mana dia digambarkan pada sahabat kipas ketika kembali dari berburu burung unta.
Dalam perburuan yang sebenarnya dia mengenakan korselet kulit macan tutul dan rok dengan celemek hias.
Di masing-masing tangannya dia memegang sepasang tali kekang dan juga sebuah busur di tangan kirinya dan sebuah cambuk di tangan kanannya.
Kedua benda itu dilambangkan sedemikian rupa sehingga tidak menyembunyikan bagian lengan atau tangan raja.
Wadah untuk busur dipasang pada sisi luar kereta dan tabung anak panah, dengan anak panah menonjol di atasnya, digantukan pada ikat pinggang Tutankhamun.
Kereta itu merupakan kendaraan ringan, lebih ringan dari empat kereta negara yang ditemukan di ruang depan makam Tutankhamun.
Tetapi tampaknya tidak berbeda dengan dua kereta yang elemen-elemennya dipotong-potong dan ditempakan di perbendaharaan makam.
Kuda-kuda yang digunakan memiliki surai yang banyak dan kepala mereka dihiasi bulu-bulu burung unta, cakram matahari, dan pita.
Sayangnya, sang seniman gagal menunjukkan hubungan antara tali kekang dan gigitanya.
Sebuah fitur mencolok dari harness dan istal kuda dapat dilihat dari tepian butiran emas halus yang diaplikasikan.
Jenis dekorasi yang sama juga telah digunakan pada rambut palsu dan kerah raja, kereta, dan kerah anjing.
Lembaran emas dari mana gesper ini dibuat menunjukkan warna merah jambu mawar yang sama dengan beberapa manik-manik emas di kalung dari topeng emas.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari