Find Us On Social Media :

Inilah Sosok Trunojoyo, Mampu Kerahkan 9.000 Orang dan Gulingkan Amangkurat I yang Tak Segan Bantai Ribuan Pria, Wanita, hingga Anak-anak

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 1 Maret 2022 | 19:53 WIB

(Ilustrasi) Trunojoyo

Intisari-Online.comAmangkurat I dikenal sebagai penguasa yang kejam dan sewenang-wenang terhadap rakyat maupun pejabat istananya sendiri.

Oleh karena itu, periode pemerintahannya pun dipenuhi dengan kerusuhan, dan yang terbesar adalah Pemberontakan Trunojoyo.

Pemberontakan ini dilancarkan oleh pangeran Madura, Raden Trunojoyo, pada sekitar tahun 1670-an. 

Penyebab perlawanan Trunojoyo

Sejak naik takhta pada 1646, Amangkurat I tidak segan membunuh siapapun yang dianggap tidak patuh dan berusaha merongrong kekuasaannya.

Setidaknya ia telah membantai sekitar 5.000 hingga 6.000 orang yang terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak.

Di antara korbannya tersebut adalah ulama dan bangsawan, termasuk adiknya yang bernama Pangeran Alit dan keluarga mertuanya sendiri.

Selain itu, Amangkurat I juga dibenci karena sangat lunak terhadap Belanda.

Baca Juga: Dicap Sebagai Raja Jiplakan, Pantas Saja Amerika Kini Langsung Koar-Koar , Rupanya Selama Ini Amerika Sudah Rugi Sebanyak Ini Gara-Gara Barang Bajakan dari China

 Baca Juga: Masih Keturunan Mataram Kuno, Inilah Raja yang Berhasil Jadi Raja Terbesar Kerajaan Sriwijaya

Suatu ketika, Amangkurat I terlibat konflik dengan putranya, Raden Mas Rahmat atau Pangeran Adipati Anom, yang merasa cemas karena statusnya sebagai putra mahkota akan dialihkan ke saudaranya.

Pangeran Adipati Anom kemudian menjalin kesepakatan dengan Pangeran Trunojoyo untuk mengkudeta ayahnya.