Find Us On Social Media :

Masih Keturunan Mataram Kuno, Inilah Raja yang Berhasil Jadi Raja Terbesar Kerajaan Sriwijaya

By Khaerunisa, Senin, 21 Februari 2022 | 20:50 WIB

Salah satu bukti Kerajaan Sriwijaya pernah ada.

Intisari-Online.com - Seperti kerajaan-kerajaan lainnya, Kerajaan Sriwijaya juga punya seorang raja yang berhasil membawa kerajaan ini ke puncak kejayaannya.

Raja yang dikenal sebagai terbesar Kerajaan Sriwijaya itu adalah Balaputradewa.

Ia merupakan raja Kerajaan Sriwijaya yang berkuasa pada abad ke-9.

Di bawah kekuasaannya, Kerajaan Sriwijaya berhasil mencapai puncak kejayaannya.

Kejayaan kerajaan yang berada di Pulau Sumatera, tepatnya di wilayah Palembang ini, dapat dilihat dari keberhasilannya di beberapa bidang, seperti bidang maritim, politik, dan ekonomi.

Wilayah kekuasaannya membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, dan sebagian Jawa.

Bahkan Sriwijaya disebut sebagai negara nasional pertama di nusantara sebab wilayahnya begitu luas, hingga meliputi hampir seluruh Indonesia.

Sosok yang berhasil membawa Kerajaan Sriwijaya ke puncak kejayaannya ini rupanya masih keturunan Mataram Kuno, kerajaan bercorak Hindu-Budda di Pulau Jawa yang berdiri antara abad ke-8 hingga abad ke-9.

Baca Juga: Kecantikan Para Wanita Ini Konon Berhasil 'Hancurkan' Dinasti China, Salah Satunya Sampai Bikin Kaisar Nekat Tipu Rakyat Hanya Demi Melihatnya Tertawa

Baca Juga: Didirikan untuk Menghindari Pertikaian Keturunan Prabu Airlangga, Begini Runtuhnya Kerajaan Kediri, Malah Dipicu Rajanya yang Terkenal Sangat Kejam

Asal-usul Balaputradewa diperdebatkan, tetapi diyakini ia adalah salah satu dari keturunan Wangsa Syailendra.

Dalam prasasti Nalanda, disebutkan bahwa Balaputradewa adalah raja besar Kerajaan Sriwijaya yang merupakan cucu seorang raja Jawa bernama Dharanindra.