Find Us On Social Media :

Kisah Hidup Mpu Sindok: 'Kehancuran Dunia' Jadi Alasan Raja Pertama Mataram Kuno Periode Jawa Timur yang Pindahkan Kerajaan dari Jawa Tengah

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 16 Februari 2022 | 08:56 WIB

Mpu Sindok, Raja yang Memindahkan Mataram Kuno ke Jawa Timur

Intisari-Online.com - Raja pertama Kerajaan Mataram Kuno periode Jawa Timur adalah Mpu Sindok.

Mpu Sindok naik takhta pada 929 M, berkuasa hingga 947 M dengan gelar Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isana Wikramadharmottunggadewa.

Melansir National Geographic, Jumat (11/2/2022), sebuah prasasti dari era Mpu Sindok ditemukan di Situs Gemekan, Dusun Kedawung, Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Prasasti ini ditemukan berkat hasil penggalian yang dilakukan tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur (BPCB Jatim) sejak tanggal 7 Februari 2022.

Melansir Kompas.com, selama hampir dua dekade berkuasa, Mpu Sindok meninggalkan setidaknya 20 buah prasasti.

Akan tetapi, sebagian besar prasasti peninggalannya berkenaan dengan penetapan sima bagi suatu bangunan suci.

Sementara kehidupan politik yang tergambar pada prasasti-prasastinya hanya samar.

Seperti contohnya pada Prasasti Waharu, yang berisi tentang anugerah untuk penduduk Desa Waharu karena setia membantu negara melawan musuh.

Baca Juga: Kekejaman Sultan Agung, Penguasa Mataram yang Tangkas dan Cerdas hingga Mengutus Algojo untuk Memenggal Kepala Panglimanya Lantaran Kalah Lawan VOC

Baca Juga: Inilah Anggota Wangsa Syailendra Dari Kerajaan Mataram Kuno yang Membangun Kerajaan Sriwijaya, Bagaimana Kisahnya?

Selain itu, Prasasti Anjukladang dan Prasasti Paradah menyebut bahwa ibu kota kerajaan berada di Watugaluh, yang sekarang berada di dekat Jombang di tepi Sungai Brantas.

Mpu Sindok yang juga keturunan Wangsa Sanjaya ini memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur selama masa pemerintahannya.