Find Us On Social Media :

Pertahanannya Kini Bak Kaleng Kerupuk, Siapa Sangka Ukraina Nyaris Borong Iron Dome, Gagal Gara-gara Israel Takut Rusia Lakukan Ini di Perbatasannya

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 27 Februari 2022 | 16:15 WIB

Ukraina gagal borong Iron Dome saat kekhawatirannya akan ancaman Rusia meningkat

Intisari-Online.com - Melansir CNN, Kamis (24/2/2022), Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan operasi militer di wilayah Donbas, Ukraina timur, Kamis pagi waktu setempat.

Rusia melancarkan invasi besar-besaran di Ukrania lewat darat, udara dan laut. 

Kekhawatiran Barat tentang kemungkinan meletusnya perang besar kini menjadi kenyataan.

Dalam pidatonya, yang disiarkan di televisi nasional Rusia, Putin mendesak pasukan Ukraina untuk meletakkan senjata mereka dan pulang.

Menghadapi serangan Rusia, militer Ukraina memiliki kepemimpinan yang baik serta semangat dan motivasi yang tinggi.

Namun, sebagian besar baju besi dan peralatan mereka relatif tua dengan pertahanan 'bak kaleng kerupuk'.

Meskipun pabrik telah mengeluarkan versi modern dari model lama seperti tank T72, ini memberikan sedikit perlawanan yang efektif terhadap tank dan kendaraan lapis baja Rusia yang jauh lebih modern.

Lebih lanjut, tentara Ukraina rentan terhadap artileri Rusia, yang secara tradisional merupakan senjata paling tangguh Tentara Merah, dan ancaman yang ditimbulkan oleh pesawat serang Rusia.

Baca Juga: Tak Heran NATO 'Ogah-ogahan' Jadikan Ukraina Anggotanya, Rupanya Rudal Nuklir Rusia Ini Siap Hantam dan Hancurkan Negara NATO ini dalam Waktu 20 Menit

 Baca Juga: Kemarahan Putin Makin Meluas, Presiden Rusia itu Bersumpah Bakal Lawan Finlandia dan Swedia Jika NATO Izinkan Kedua Negara Bergabung

Mereka mungkin lemah pada tank modern dan persenjataan canggih, tetapi mungkin memiliki keunggulan dalam hal moral dan konseptual.

Jika terjadi kekalahan di lapangan, para pemain bertahan Ukraina bisa saja melakukan pemberontakan bersenjata lengkap, bermotivasi tinggi, dan berlarut-larut, mungkin didukung oleh Barat.