Find Us On Social Media :

Inilah Sejarah Pancasila Singkat, Berawal dari Pidato Presiden Soekarno yang Tanpa Teks, Lahirlah Dasar Negara Indonesia Merdeka

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 25 Februari 2022 | 16:15 WIB

(ilustrasi) Garuda Pancasila, inilah sejarah Pancasila singkat yang berawal dari pidato Soekarno hingga menjadi dasar negara.

Intisari-Online.com – Inilah sejarah Pancasila singkat, lahirnya dasar negara Indonesia, berawal pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945.

Itu terjadi ketika Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan sidang pertama untuk membahas dasar negara.

Sidang pertama tersebut dilakukan di Gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta, yang sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila.

Para anggota BPUPKI ketika melakukan sidang pertama itu belum menemukan titik terang mengenai dasar negara Indonesia.

Ketika pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mendapatkan giliran untuk menyampaikan gagasan beliau mengenai dasar negara.

Soekarno menyampaikan gagasan mengenai dasar negara Indonesia merdeka yang diberi nama Pancasila.

Kemudian pidato Soekarno yang tidak dipersiapkan secara tertulis tersebut diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI.

BPUPKI kemudian membentuk Panitia Kecil atau Panitia Sembilan yang bertugas untuk merumuskan kembali Pancasila sebagai dasar negara berdasarkan pidato Soekarno pada 1 juni 1945.

Baca Juga: Apa Maksud Pancasila Sebagai Sistem Filsafat, Ini yang Dimaksudkan oleh Para Pendiri Bangsa Ini Karena Sudah Dijalankan Sejak Masa Kerajaan

 Baca Juga: Pancasila sebagai Dasar Negara Dipergunakan untuk Mengatur Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Ini Maknanya

Panitia Sembilan itu terdiri dari:

1. Soekarno