Find Us On Social Media :

Langkah Awal yang Dilakukan Oleh Soeharto Selaku Pengemban Supersemar Adalah

By May N, Jumat, 25 Februari 2022 | 06:00 WIB

Langkah awal yang Dilakukan Oleh Soeharto Selaku Pengemban Supersemar Adalah

Intisari - Online.com - Supersemar adalah surat yang diberikan oleh Presiden Soekarno kepada Pangkostrad, Letjend Soeharto, pada 11 Maret 1966, menjadikan Soeharto selaku pengemban Supersemar.

Inilah langkah awal yang dilakukan oleh Soeharto selaku pengemban Supersemar.

Di dalam Supersemar menyatakan bahwa memberikan kewenangan kepada Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk menjamin keamanan dan ketertiban dan jalannya revolusi, serta menjamin keselamatan pribadi dan kewibawaan presiden demi untuk keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia, dan melaksanakan dengan pasti segala ajaran pemimpin besar revolusi.

Sebagai tindak lanjut dari Supersemar, langkah awal yang dilakukan oleh Soeharto selaku pengemban Supersemar adalah membubarkan PKI pada tanggal 12 Maret 1966.

Soeharto juga melakukan tuntutan para mahasiswa.

Tuntutan para mahasiswa yang tergabung dalam front Pancasila terkenal dengan nama Tritura, Tri Tuntutan Rakyat yang mencangkup pembubaran PKI dan ormas-ormasnya, bersihkan kabinet Dwikora dari unsur PKI, serta menurunkan harga-harga barang.

Pembubaran PKI menjadi langkah awal yang dilakukan oleh Soeharto selaku pengemban Supersemar.

Langkah pertama Soeharto sebagai pengemban Supersemar adalah membubarkan PKI pada tanggal 12 Maret 1966.

Baca Juga: Tujuan Dikeluarkannya Supersemar Adalah Untuk Tujuan Ini, Apa Saja?

Baca Juga: Apa Itu Supersemar? Kekuasaan Soeharto di Indonesia Lahir Darinya

Keputusan tersebut berdasarkan Keppres No.1/3/1966 yang ditandatangani oleh Soeharto atas nama presiden selaku pengemban Supersemar.

Langkah berikutnya yang ditempuh oleh Soeharto selaku pengemban Supersemar, pasca pembubaran PKI dan ormas-ormasnya adalah mengamankan menteri yang diduga terlibat Gerakan 30 September.