Find Us On Social Media :

Miris! Kisah Juana Ia Loca, Ratu Kastilia yang ‘Gila’, Gali Makam dan Ciumi Jenazah Suaminya, Bahkan Bawa Petinya ke Mana-mana, Benarkah Dia Korban Kekejaman Suami dan Anaknya Sendiri?

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 30 Januari 2022 | 07:30 WIB

Ratu Juana dari Kastilia.

Intisari-Online.com – Juana dari Kastilia, atau dikenal sebagai Juana Ia Loca atau Joanna si Gila, adalah kakak perempuan Catherine dari Aragon, dan adik ipar Henry VIII dari Inggris.

Juana menikah dengan Philip yang Tampan pada tahun 1496, ketika dia berusia 16 tahun.

Juana kemudian memiliki enam anak dengan suaminya, termasuk Charles, yang kemudian menjadi Kaisar Romawi Suci.

Juana adalah seorang wanita muda yang cerdas dan, seperti saudara perempuannya, menerima pendidikan yang cukup.

Menurut kisah, Juana dapat berbicara dalam tiga bahasa utama di Semenanjung Iberia, bersama dengan bahasa Latin, dan Prancis.

Juana tidak pernah diharapkan menjadi Putri Asturias (gelar pewaris takhta Aragon), apalagi Ratu Spanyol.

Juana memiliki dua kakak laki-laki, saudara perempuannya, Isabella, dan seorang saudara laki-laki, Juan.

Juan meninggal pada tahun 1497 di usia 19 tahun dan istrinya, Margaret dari Austria, melahirkan seorang putri yang lahir mati dua bulan setelah kematian ayahnya.

Baca Juga: Bak Balas Dendam pada Sang Suami, Inilah Kisah Kekejaman Ratu Catherine de Medici, Eksekusi Selingkuhan Putrinya di Depan Mata Sang Putri dan Biarkan Raja Mati dalam Kesendirian

 Baca Juga: Ratu Paling Kejam dari Athena, Inilah Ratu Irene, Pimpin Konspirasi Lawan Puteranya Sendiri, Perintahkan Tangkap Kaisar, dan Cungkil Matanya

Adik Juana, Isabella meninggal pada tahun 1498, tak lama setelah melahirkan putranya Miguel, yang kemudian meninggal pada tahun 1500 sebelum ulang tahunnya yang kedua.

Suksesi kematian ini dengan cepat melambungkan Juana ke posisi barunya sebagai Putri Asturias, gelar yang diberikan kepada pewaris takhta Kastilia.