Find Us On Social Media :

Gatal Kalau Tidak Ikut Campur, China Tiba-tiba Ikut Urusi Masalah Kazakhstan, Rupanya Tak Bisa Toleransi Kekacauan 'Sabotase Eksternal' Negara Itu, Apa Maksudnya?

By May N, Selasa, 18 Januari 2022 | 10:14 WIB

Kerusuhan di Kazakhstan bermula ketika pemerintah mencabut harga LPG.

Intisari - Online.com - Dengan China baru-baru ini menawarkan keamanan ekonomi dan politik kepada Kazakhstan melawan "pasukan luar", Beijing tampaknya telah mencapai titik di mana mereka tidak bisa mempertahankan kebijakan non-intervensi yang digembar-gemborkan mereka di negara-negara sepanjang Belt and Road Initiative.

Protes dan kekerasan terbaru di Kazakhstan atas harga bahan bakar yang naik mengubah negara tetangga China lainnya itu menjadi pusat kekacauan rusuh yang mengancam ketidakstabilan regional lebih luas.

Ratusan warga terbunuh sebelum pemimpin Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev meminta bantuan dari Organisasi Kesepakatan Keamanan Kolektif yang dipimpin Rusia (CSTO) untuk membantu menstabilkan situasi dan melindungi rezimnya.

Sementara Beijing tidak terlibat secara langsung dalam pengiriman CSTO, sudah jelas tampak jika Beijing tidak bisa lagi duduk di bangku cadangan dan menonton "revolusi berwarna" berevolusi di negara tetangga.

Meski begitu, motivasi Beijing tidak dibentuk oleh kedekatan geografis Kazakhstan; negara itu memegang kepentingan ekonomi vital untuk China.

20% gas alam China berasal dari China atau lewat Kazakhstan.

Melansir Asia Times, dalam beberapa tahun terakhir, China telah berinvestasi ratusan juta dolar di Kazakhstan dalam sektor-sektor bervariasi mulai dari industri kimia sampai pertanian dan infrastruktur.

China juga merupakan mitra ekspor terbesar Kazakhstan, seperti mengutip Asia Times.

Baca Juga: Pantas Rusia Ketakutan Setengah Mati Saat Tahu Kerusuhan di Kazakhstan Meluas, Ternyata Ini Alasan Vladimir Putin Sampai Kirimkan Ribuan Tentaranya ke Negara Bekas Uni Soviet

Baca Juga: Temannya yang Nyalakan Api, Mereka yang Sibuk Padamkan, Rusia Benar-benar Sudah Jadi Korban Sempurna Kerakusan China di Kazakhstan, Lihat Saja Faktanya

Tahun 2020, perdagangan bilateral keduanya bernilai lebih dari USD 20 miliar, dengan China mengirimkan barang-barang senilai USD 12,59 miliar ke Kazakhstan sementara mereka mengimpor USD 10,35 miliar.

Dengan perbatasan sepanjang 1.770 kilometer dengan Xinjiang dan terletak antara China dan Barat, Kazakhstan adalah negara penting untuk ambisi BRI guna mencapai Eropa.