Find Us On Social Media :

Bagaikan Kerajaan Boneka Setelah Ratu Paling Berkuasa di Majapahit Ini Kirimkan Tokoh Ini ke Sumatra, Inilah Kerajaan Pagaruyung yang Jadi Tangan Kanan Majapahit di Sumatra

By May N, Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:24 WIB

Ilustrasi kehidupan di masa kerajaan Pagaruyung di tanah Minang

Intisari - Online.com - Majapahit merupakaan kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Nusantara, yang kini menjadi Indonesia.

Para pemimpinnya memiliki ambisi untuk menguasai Nusantara, yang didukung dengan langkah politik hebat dari patih Majapahit yang terkenal, Gajah Mada.

Namun pernahkah Anda penasaran bagaimana cara mereka menyatukan Nusantara dan menguasai pulau lain selain pulau Jawa?

Kisah Majapahit menguasai Nusantara memberikan sudut pandang tersendiri untuk kerajaan tersebut, seperti salah satunya ketika Majapahit mencoba menguasai Sumatra.

Sebelumnya, ambisi menguasai Nusantara lahir dari ambisi raja terakhir Singasari, Kertanegara (1268-1292 M).

Salah satu cara Kertanegara menguasai Nusantara adalah mengirimkan Ekspedisi Pamalayu ke Sumatra untuk bisa menguasai Sumatra.

Cara ini kemudian diulangi lagi di masa Tribhuwana Tunggadewi atau Tribhuwana Wijayatunggadewi, Ratu Majapahit yang berkuasa setelah Jayanegara.

Kertanegara sendiri adalah kakek dari Tribhuwana.

Baca Juga: Metode 'Blusukan' Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit, Raja Berkunjung dan Berinteraksi, Hebatnya Rakyat Bisa Menyampaikan Petisi Langsung ke Raja

Baca Juga: Sakralnya Keris Bagi Kerajaan Majapahit, Ada di Setiap Sejarah Penting Kerajaan Ini hingga Jadi Aksesoris Lelaki Majapahit, Konon Tak Ada Laki-laki yang Berani Keluar Rumah Tanpa Membawanya 

Tribhuwana mengirimkan raja bawahan Majapahit atau uparaja ke Sumatra untuk menaklukkan wilayah-wilayah penting di Sumatra.

Sosok uparaja tersebut adalah Adityawarman (1347-1375 M) yang justru malah mendirikan kerajaan besar di Sumatra, tepatnya Sumatra Barat.