Find Us On Social Media :

Jadi Pahlawan Besar Terkenal di Asia Tenggara, Tetapi Mengapa Nama Gajah Mada Sang Mahapatih Kerajaan Majapahit Ini Tidak Dikenal di Jawa Barat? Tragedi Ini Rupanya Jawabannya!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 27 Desember 2021 | 11:20 WIB

ilustrasi. Mahapatih kerajaan Majapahit, Gajah Mada, namanya besar di Asia Tenggara, namun kenapa tidak dikenal di Jawa Barat?

Intisari-Online.com – Gajah Mada, merupakan patih atau ‘perdana menteri’ kerajaan Hindu kuno Majapahit.

Dia dianggap sebagai pahlawan nasional dan dikreditkan untuk menyatukan seluruh Nusantara di bawah kerajaan Majapahit.

Nusantara, merupakan istilah Melayu-Indonesia, untuk kepulauan Indonesia, yang pada masa kejaannya meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, dan Timor Timur.

Majapahit juga memiliki hubungan diplomatik dengan kerajaan Thailand Ayuthaya, Martaban (Myanmar), Kamboja, Vietnam, dan China.

Baca Juga: Kehebatannya Pernah Sampai Taklukkan Nusantara, Tak Disangka Ini Dia Taktik Perang Andalan Kerajaan Majapahit yang Membuatnya Menjadi Kerajaan Terbesar di Indonesia

 

Atas apa yang dilakukan oleh Gajah Mada, maka berbagai jalan, gedung, bahkan institusi pun dinamai menurut nama patih itu.

Sebut saja, salah satu institusi pendidikan tinggi tertua dan terbesar di negeri ini, yaitu Universitas Gadjah Mada.

Jika Gajah Mada begitu hebat, mengapa tidak ada tempat yang dinamai menurut namanya di bagian barat Jawa ini?

Jawa modern menjadi rumah bagi beragam kelompok etnis dan agama, secara historis didominasi oleh dua suku, yaitu Jawa dan Sunda.

Baca Juga: Jadi Bulan-bulanan Rakyatnya Hingga Punya Julukan Buruk, Bahkan Sempat Kurung Dua Adik Tirinya Agar Tak Dinikahi Orang Lain, Raja Majapahit Ini Akhirnya Dibunuh Karena Konspirasi?