Find Us On Social Media :

Sakralnya Keris Bagi Kerajaan Majapahit, Ada di Setiap Sejarah Penting Kerajaan Ini hingga Jadi Aksesoris Lelaki Majapahit, Konon Tak Ada Laki-laki yang Berani Keluar Rumah Tanpa Membawanya

By Khaerunisa, Senin, 27 Desember 2021 | 16:55 WIB

Ilustrasi. Ukiran sejarah Indonesia yang mengelilingi Monumen Nasional, Jakarta..

Intisari-Online.com - Keris merupakan senjata tradisional yang berasal dari Jawa.

Ia memiliki tempat terhormat bagi masyarakat Jawa, di mana senjata ini bukan hanya digunakan sebagai senjata, tetapi juga punya berbagai fungsi.

Masyarakat Jawa menggunakannya sebagai perlengkapan busana, simbol status, pemberi kewibawaan, dan sebagai perlengkapan dalam upacara adat.

Hingga saat ini, keris masih nampak digunakan dalam beberapa kesempatan, seperti dalam upacara pernikahan tradisional masyarakat Jawa.

Baca Juga: Metode 'Blusukan' Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit, Raja Berkunjung dan Berinteraksi, Hebatnya Rakyat Bisa Menyampaikan Petisi Langsung ke Raja

Kehadiran senjata keris rupanya ada di sejumlah sejarah penting kerajaan Majapahit, kerajaan terbesar di Nusantara pada zamannya.

Beratus-ratus tahun setelah keruntuhannya, nama Majapahit masih begitu melegenda bagi masyarakat Indonesia.

Sumpah Palapa, menjadi salah satu peristiwa yang sering disebut-sebut ketika berbicara tentang sejarah kerajaan Majapahit. Gajah Mada mengucapkannya ketika diangkat menjadi Mahapatih Majapahit.

Pada saat mengucapkan sumpah Palapa, konon Patih Gajah Mada menggunakan pusaka berupa senjata tradisional berwujud keris. Ada sumber yang menyebut keris tersebut dari zaman Prabu Jayanegara bernama Kyai Gandawisa.