Find Us On Social Media :

Terkubur Sejak Gunung Tambora Meletus dan Musnahkah Peradaban Beberapa Kerajaan Kecil di Sekitarnya, Inilah Kerajaan Dompu, Jejak Kerajaan Majapahit di Sumbawa

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 5 Januari 2022 | 10:45 WIB

Dompu, jejak kerajaan Majapahit di Sumbawa.

Intisari-Online.comDompu memiliki pesona yang menarik bagaikan sebuah kota, tersimpan potensi wisata yang besar berupa alam, budaya, dan sejarah.

Letaknya tak jauh dari kawasan wisata Gunung Tambora membuat Dompu makin populer dan berpeluang menjadi tujuan wisata yang layak disambangi.

Kota Dompu adalah ibukota Kabupaten Dompu, yaitu kota terbesar ketika di Pulau Sumbawa.

Pulau Sumbawa merupakan pulau besar yang letaknya antara Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Lombok di Nusa Tenggara Barat.

Berstatus sebagai kota, tapi Dompu memiliki fasilitas eksklusif atau mewah yang hampir tidak ditawarkan di kota yang sederhana namun menarik ini.

Berada di dataran subur, Dompu menjadi tempat kesederhanaan hidup  masyarakat  berharmoni dengan bentang alam yang cantik.

Ditemukannya situs kerajaan kuno menjadi beberapa ‘kemewahan’ bagi Anda sebagai seorang petualang saat menjejakkan kaki di Pulau Sumbawa.

Terdapat sebuah situs kerajaan kuno di Dompu, tepatnya di Doro Bata.

Baca Juga: Situasi Kerajaan Majapahit Carut Marut, Para Pembesarnya Lebih Suka Hidup Mewah dan Berpesta, Sunan Ampel pun Datang dan Mampu Atasi dengan Ajaran ‘Moh Limo’, Apa Isi Ajarannya Itu?

 Baca Juga: Semuanya Dibantai Habis oleh Mahapahit, Ternyata Ada Satu-satunya Orang Sunda yang Berhasil Selamat Perang Bubat, Bukan karena Kesaktiannnya Tetapi karena Gunakan Trik Ini

Doro Bata, yang berarti gunung atau bukit batu bata, merupakan bukit yang berada di tengah perkampungan penduduk di Kelurahan Kandai I, Kecamatan Dompu.

Dipercaya bahwa situs ini bagian dari Istana Dompu yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.