Penulis
Intisari-Online.com – Kenya menjadi tujuan safari Afrika yang ikonik dan rumah bagi suku Maasai, yang terkenal dengan budaya dan pakaian sumu mereka yang unik.
Suku Maasai merupakan kelompok etnis asli di Afrika yang terdiri dari orang-orang semi-nomaden menetap di Kenya dan Tanzania Utara.
Karena tradisi, adat istiadat, dan pakaian mereka yang berbeda dan tempat tinggal mereka di dekat banyak taman nasional Afrika Timur, Maasai menjadi salah satu kelompok etnis Afrika terkemuka dan dikenal secara internasional.
Maa, bahasa yang berasal dari Nilo-Sahara, yang mereka gunakan, terkait dengan Dinka dan Nuer.
Mereka juga berbicara dalam bahasa resmi Tanzania dan Kenya, Swahili, dan Inggris.
Sekarang, diperkirakan populasi dari Suku Maasai ini sekitar 900.000 penduduk.
Meskipun pemerintah Kenya dan Tanzania telah menetapkan program untuk mendorong Maasai meninggalkan gaya hidup semi-nomaden tradisional mereka, namun orang-orang Maasai tetap menjalankan kebiasaan kuno mereka, meskipun perlahan berubah.
Menurut sejarah lisan suku itu, suku Maasai berasal dari utara Danau Turkana (barat laut Kenya) di Lembah Nil bagian bawah.
Mereka berimigrasi ke selatan pada abad ke-15 dan tiba di daratan panjang yang membentang di Tanzania tengah dan Kenya Utara selama abad ke-17 dan ke-18.
Wilayah Maasai mencapai ukuran yang paling dominan pada abad ke-19 ketika mereka menutupi sebagian besar Great Rift Valley dan tanah yang berdekatan dari Dodoma dan Gunung Marsabit.
Saat ini Maasai menyerbu ternak jauh di seberang timur di Pantai Tanga di Tanzania. Dengan menggunakan perisai dan tombak, mereka paling ditakuti karena melempar orinka (pentungan) yang ahli dapat mencapai kurang lebih 100 meter.
Prajurit Maasai yang terkonsentrasi menceritakan perpindahan mereka ke Kenya pada tahun 1852, setelah mengurangi populasi Gurun Wakuafi di tenggara Kenya, para prajurit Maasai mengancam Mombasa, di pantai Kenya. Karena migrasi inilah Maasai sekarang menjadi penutur Nilotik paling selatan.
Maasai 'Emutai' tahun 1883-1902 datang setelah masa ekspansi. Periode ini diliputi oleh epidemi cacar, pleuropneumonia sapi yang menular, dan rinderpest.
Diperkirakan 90 persen ternak dan setengah spesies liar mati karena rinderpest. Periode drastis ini bertepatan dengan kekeringan, pada tahun 1897 dam 1898.
Dimulai dengan perjanjian 1904 dan diikuti oleh perjanjian lain pada tahun 1911, tanah Maasai di Kenya ditebang 60 persen ketika Inggris mengusir mereka untuk memberi ruang bagi peternakan pemukim sehingga membatasi orang Maasai di distrik Narok dan Kajiado saat ini.
Maasai di Tanzania dipaksa keluar dari tanah subur mereka antara Gunung Kilimanjaro dan Gunung Meru dan sebagian besar daerah pegunungan subur mereka di dekat Ngorongoro pada tahun 1940-an.
Lebih banyak lahan diklaim untuk membuat taman nasional dan suaka margasatwa.
Masai Mara, Samburu, Ngorongoro, Amboseli, Taman Nasional Nairobi, Serengeti, Danau Nakuru, Manyara dan Tarangire.
Maasai adalah tradisionalis dan telah menolak desakan pemerintah Kenya dan Tanzania untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih modern.
Suku Maasai berhak menuntut hak penggembalaan dan penggembalaan di beberapa taman nasional di Tanzania dan Kenya.
Suku Maasai berdiri teguh melawan perbudakan dan hidup berdampingan dengan sebagian besar hewan liar di tanah itu dengan keengganan untuk memakan burung dan binatang buruan.
Tanah Maasai sekarang menawarkan kawasan alam dan satwa liar terbaik di Afrika Timur.
Suku Maasai, yang secara historis merupakan orang nomaden, secara tradisional mengandalkan bahan yang tersedia dan teknologi asli untuk membangun perumahan mereka yang tidak biasa dan menarik.
Rumah tradisional Maasai dirancang untuk orang-orang yang berpindah-pindah dan dengan demikian rumah mereka bersifat sangat tidak kekal.
Inkajijik (rumah) berbentuk lingkaran atau roti, dan dibuat oleh wanita.
Desa mereka diselimuti Enkang (pagar) melingkar yang dibangun oleh para pria dan ini melindungi ternak mereka di malam hari dari binatang buas.
Masyarakat Maasai sangat patriarkal, dengan laki-laki tua Maasai kadang-kadang bergabung dengan pensiunan tua, menentukan sebagian besar masalah utama bagi suku Maasai.
Orang Maasai adalah monoteistik, dan Tuhan mereka bernama Engai atau Enkai.
Bagi orang Maasai yang menjalani cara hidup tradisional, akhir hidup hampir tanpa upacara pemakaman resmi, dan orang mati ditinggalkan di ladang untuk pemulung.
Pemakaman di masa lalu hanya diperuntukkan bagi kepala suku besar, karena diyakini oleh suku Maasai bahwa penguburan berbahaya bagi tanah.
Gaya hidup tradisional masyarakat Maasai terkonsentrasi pada ternak mereka yang merupakan sumber makanan utama.
Bagi mereka dan beberapa kelompok etnis Afrika lainnya, ukuran kekayaan seorang pria adalah anak-anak dan ternak, jadi lebih banyak lebih baik.
Laki-laki yang memiliki banyak ternak tetapi tidak memiliki banyak anak tetap dianggap miskin, begitu pula sebaliknya.
Mitos Maasai mengatakan bahwa Tuhan memberi mereka semua ternak di bumi, mereka percaya bahwa pencurian dari suku lain adalah mengklaim apa yang menjadi hak mereka, meski sekarang jarang dilakukan.
Secara tradisional, musik Maasai terdiri dari ritme yang dibawakan oleh paduan suara vokalis yang menyanyikan harmoni, sementara olaranyani (pemimpin lagu) menyanyikan melodi.
Olaranyani biasanya adalah orang yang paling bisa menyanyikan lagu itu.
Para olaranyani mulai menyanyikan namba dari sebuah lagu dan kelompok tersebut menanggapi dengan satu panggilan suara bulat sebagai pengakuan.
Wanita membacakan lagu pengantar tidur, menyenandungkan lagu dan menyanyikan musik yang memuji putra mereka.
Salah satu penghapusan penciptaan vokal musik Maasai adalah fungsi terompet Kudu Besar untuk memanggil moran (inisiat) untuk upacara Eunoto (upacara kedewasaan).
Upacara biasanya berlangsung sepuluh hari atau lebih. [Dan nyanyian dan tarian di sekitar manyatta melibatkan godaan.
Baca Juga: Pembuatannya Didahului Ritual Khusus, Inilah 5 Fakta Unik Kapal Phinisi Khas Suku Bugis
Para pria muda akan berbaris dan bernyanyi dan para wanita berdiri di depan mereka dan bernyanyi berlawanan dengan mereka.
Musisi Hip Hop kontemporer dari Tanzania utara sekarang menggabungkan ritme, nyanyian, dan ketukan tradisional Maasai ke dalam musik mereka.
Karena kebijakan pemerintah yang berfokus pada pelestarian taman nasional dan cagar alam, ini membuat cara hidup tradisional Maasai semakin sulit untuk dipertahankan dan dilestarikan bagi generasi mendatang untuk dipelajari.
Banyak orang Maasai berpindah dari kehidupan nomaden ke posisi dalam perdagangan bisnis dan peran pemerintah, melansir siyabona.
Namun, masih banyak orang Maasai yang dengan senang hati pulang ke rumah dengan pakaian bermerek desainer, kemudian muncul dengan mengenakan shuka tradisional berwarna-warni, sandal kulit sapi dan orinka kayu di tangan mereka, membuat mereka nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia.
Pakaian tradisional mereka bervariasi menurut jenis kelamin, usia, dan tempat.
Para pria muda mengenakan pakaian hitam selama beberapa bulan setelah mereka disunat.
Merah adalah warna favorit di antara orang Maasai.
Kain hitam, biru, kotak-kotak dan bergaris juga dikenaka, bersama dengan pakaian Afrika berwarna-warni.
Pada tahun 1960 Maasai mulai menggantikan kulit domba, kulit anak sapi, dan kulit binatang untuk bahan yang lebih komersial.
Kain yang digunakan untuk membungkus tubuh disebut Shuka dalam bahasa Maa.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari