Find Us On Social Media :

Bertentangan dengan Teori Umum, Ilmuwan Coba Menguak Misteri Asal Usul Leluhur Bangsa Yahudi Ashkenazi, Dari Mana Mereka Berasal?

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 30 Desember 2021 | 16:35 WIB

(Ilustrasi) Leluhur Bangsa Yahudi

Intisari-Online.com - Selama ini Yahudi Ashkenazi dianggap sebagai kelompok etnis Yahudi keturunan suku-suku asli Israel.

Setidaknya, begitulah yang tertulis dalam silsilah pohon keluarganya.

Namun dilansir pada Ancient Origins (19/4/2018), sebuah penelitian tahun 2013 di Nature Communications telah ungkap fakta baru yang berbeda.

Penelitian menunjukkan asal-usul garis matrilineal untuk orang Yahudi Ashkenazi berasal dari Eropa.

Baca Juga: Indonesia Ketahuan Beli Senjata Ini dari Israel Pada Tahun 2019, Padahal Tak Berhubungan Diplomatik dengan Negeri Yahudi, Ternyata Ini Alasannya...

 

Ini bertentangan dengan kepercayaan umum bahwa orang Yahudi pertama kali tiba di Eropa tengah setelah perang Romawi Timur dan Sassaniyah pada 602 hingga 628 Masehi.

Dan baru mulai menetap di Jerman pada periode Abad Pertengahan.

Martin Richards, salah seorang penelitinya mengatakan bahwa sementara orang Yahudi Ashkenazi telah tinggal di Eropa selama berabad-abad, hasil penelitian menggunakan sampel DNA menunjukkan bahwa sebagian besar orang Yahudi Eropa adalah keturunan penduduk lokal.

 

Baca Juga: Padahal Bukan Emas, Harta Karun Raja Sulaiman Konon Sangat Diinginkan Orang Yahudi, Rupanya Isinya Hal 'Sakral' Ini