Find Us On Social Media :

Ternyata Orang Jawa Pernah Punya Kapal Terbesar dalam Sejarah Dunia, Digunakan Majapahit sebagai Kapal Perang hingga Kuasai Nusantara, Ini Julukannya

By Khaerunisa, Sabtu, 25 Desember 2021 | 14:55 WIB

Jong jawa bertiang tiga di Banten, 1610.

Intisari-Online.com - Siapa sangka orang Jawa pernah punya kapal terbesar dalam sejarah dunia.

Kapal jenis ini yang mendukung kekuatan maritim Kerajaan Majapahit hingga berhasil menguasai Nusantara dan disegani di wilayah Asia Tenggara.

Kapal-kapal Majapahit sendiri dibangun oleh sosok Mpu Nala sebagai arsiteknya.

Nama Mpu Nala sebagai Panglima Perang Majapahit atau Rakryan Tumenggung, disebut dalam lima sumber sejarah, yaitu Kakawin Nãgarakṛtãgama atau Deçawarṇana, Prasasti Prapancasarapura, Prasasti Batur, Prasasti Bendasari, dan Prasasti Sekar.

Baca Juga: Jadi Pembawa Bencana Bagi para Petani Sebelum Keberadaannya Terungkap, Candi Peninggalan Majapahit Ini Juga Jadi Anomali 'Percandian' karena Posisinya yang Tak Lazim

Mpu Lembu Nala atau disebut pula Laksamana Nala, menjabat sebagai Panglima Angkatan Laut Majapahit sejak Majapahit di bawah kekuasaan Tribhuwana Tunggadewi (1328-1350 M) hingga Hayam Wuruk (1350-1389 M).

Pada masa-masa itulah kapal dari Jawa semakin dikenal oleh pelaut dunia dan digunakan secara besar-besaran oleh Kerajaan Majapahit sebagai kapal angkut militer.

Disebutkan jika Majapahit memiliki 400 kapal untuk perang yang terbagi menjadi lima armada.

Melansir nationalgeographic.grid.id, hadirnya kapal raksasa dari Jawa turut tercatat dalam laporan sejarah abad 16 yang ditulis oleh Gaspar Correia.