Penulis
Intisari - Online.com - Konsep milik Presiden China, Xi Jinping, mengenai kemakmuran bersama kini mulai dijual ke internasional.
Pelaksanaan paling jelas datang bulan lalu ketika Xi menyebut Belt and Road Initiative (BRI) sebagai sebuah kendaraan mencapai kemakmuran bersama global.
Belt and Road Initiative sendiri adalah investasi fantastis dari China yang memberi pinjaman ke negara-negara miskin untuk membangun infrastruktur.
Namun skema pinjaman ini menjadi kontroversial tatkala terkuak bunga utang begitu tinggi dan negara yang tidak dapat membayar utangnya harus menjual asetnya.
Henry Storey menuliskan artikel yang diterbitkan oleh Lowy Institute menyebut memang sulit melihat kemakmuran bersama berdampak pada China terutama investasi mereka di luar negeri.
Namun masih mungkin membuat beberapa prediksi tentatif.
Pertama, definisi bekerja yang kasar.
Oktober lalu, Partai Komunis China lewat jurnal mereka, Qiushi, menerbitkan artikel yang ditulis oleh Xi menggarisbawahi visi kemakmuran bersamanya.
Adam Ni, yang menerjemahkan artikel tersebut, menggambarkan kemakmuran bersama sebagai "program luas yang bertujuan mempromosikan kesetaraan sosial ekonomi sementara menyiapkan legitimasi dan kekuasaan partai."
Beberapa elemen kunci dari program reformasi ini antara lain: mengurangi kesenjangan pendapatan dan mendorong konsumsi rumah tangga, meningkatkan "modal manusia", mempromosikan "distribusi tersier" dan menumbuhkan "ekonomi yang nyata."
Firma-firma China telah lama menunjukkan semua jenis proyek, beberapa hampir seluruhnya fokus di dalam negeri, sebagai bagian dari BRI.
Hal ini dilakukan untuk memenangkan subsidi pemerintah dan menjilat pemerintah provinsi dan Beijing.
Kemudian dalam nada yang sama, perusahaan China yang beroperasi di luar negeri mungkin mencari cara menggabungkan secara retorika dan praktiknya proyek BRI dengan tujuan kemakmuran bersama seperti mengurangi kemiskinan dan pengembangan modal manusia.
Namun tidak akan ada yang lengkap, karena contohnya adalah ketika Xi Jinping berbicara via saluran video dalam Forum Kerjasama China-Afrika 29 November lalu.
Saat itu Xi berjanji "melakukan 10 proyek pengurangan kemiskinan dan pertanian" di seluruh Afrika.
Walaupun BRI telah dikritik memprioritaskan buruh China melawan buruh lokal, gambaran ini disebut tidak terjadi di semua negara.
Contohnya adalah di Asia Tengah, firma-firma China telah beralih dari infrastruktur dan hidrokarbon menuju manufaktur, ada catatan peningkatan firma-firma China melatih pekerja lokal.
Beijing dan pemerintahan lokal Tianjin juga dalam tahap awal melaksanakan kampus vokasi jaringan luar negeri atau "Luban Workshops".
Penekanan Xi pada "ekonomi nyata" dapat juga mengubah kualitas investasi di sepanjang negara-negara yang terlibat dalam BRI.
Alih-alih membangun platform teknologi dan pembangunan properti yang didorong oleh utang serta investasi infrastruktur, ekonomi nyata merujuk pada sektor-sektor seperti jasa konsumen, pengembangan hijau dan manufaktur tingkat lebih tinggi.
Janji Xi September lalu melarang pembangkit listrik bertenaga batubara di luar negeri dapat menjadi tanda tren yang merebak.
Energi adalah segmen sektoral terbesar dari BRI dan China ada dalam posisi yang baik membantu mendanai transisi energi global.
Tidak mengejutkan, literasi CCP berbahasa Inggris telah menghubungkan proyek terbarukan dengan "kemakmuran bersama."
Memperjelas perubahan kualitas ini, yang akan berdampak pada fokus pemerintahan pada ekonomi, sosial dan kerjasama politik, Beijing justru diuntungkan.
Serangkaian politikus dan diplomat dari negara-negara termasuk Thailand, Vietnam, Kamboja, Pakistan dan Malaysia telah tergiur dengan kemakmuran bersama.
Apapun motif individu mereka, gampang dilihat bagaimana kemakmuran bersama, setidaknya secara teoritis, telah menjadi konsep yang lebih cocok untuk masyarakat luar negeri daripada keinginan Xi "komunitas yang senasib".
Semua ini dikatakan, penyelam ekonomi utama BRI adalah untuk menyediakan outlet untuk kelebihan kapasitas domestik dan untuk memfasilitasi akses pasar untuk barang-barang China, serta untuk mengamankan energi, bahan baku dan bahan makanan yang tidak dapat diperoleh di China.
Kemakmuran bersama akan berinteraksi secara dinamis dengan kekuatan pendorong ini (yaitu, mengamankan akses ke input baja dan batu bara secara bertahap akan menjadi kurang penting), tetapi tidak mungkin mengesampingkannya.
Bahkan, dengan properti dan industri terkait mencapai hingga 30 persen dari PDB China, dalam jangka pendek, BRI dapat memberikan jalan keluar untuk kelebihan kapasitas yang signifikan di sektor yang sedang berjuang karena reformasi yang dibuat atas nama kemakmuran bersama.
Kemakmuran umum juga tidak mungkin mencegah “transaksi curang antara kekuasaan dan uang” (yang dicerca Xi dalam pidatonya pada pertengahan Agustus) yang terkadang menjadi ciri praktik bisnis China di sepanjang BRI.
Dalam arti kuantitatif, bahwa penekanan tingkat tinggi seperti itu ditempatkan pada apa yang kemungkinan besar akan menjadi agenda domestik dapat berfungsi untuk membatasi keseluruhan stok investasi keluar China.
Alih-alih didorong untuk " keluar ", ekspektasi perusahaan Beijing tampaknya bergeser ke dalam.
Ini akan terwujud dalam beberapa cara. Melalui apa yang disebut “distribusi tersier”, Beijing mengharapkan perusahaan akan membantu mengembangkan sumber daya manusia dan mengurangi ketidaksetaraan di Tiongkok.
Sejauh ini, ini telah berbentuk sumbangan besar – masing-masing setidaknya US$15 miliar untuk Tencent dan Alibaba .
Sejumlah besar akan diperlukan untuk mencapai tujuan “ekonomi riil” lainnya seperti transisi energi dan tujuan manufaktur dan inovasi canggih Beijing yang sangat ambisius.
Semua ini akan memberi calon investor luar negeri China alasan tambahan untuk berpikir dua kali pada saat hambatan geopolitik, kontrol modal, dan kekhawatiran tentang utang (baik di dalam China maupun luar negeri) telah membuat BRI lebih ramping .
Dalam jangka panjang, apakah sebagian besar perubahan inkremental ini akan menjadi lebih jelas pada akhirnya akan bergantung pada seberapa sukses China dalam mengubah basis industrinya dan mengalihkan kekayaan ke rumah tangga.
Benar-benar melaksanakan visi ini akan membutuhkan reformasi radikal tanpa kekurangan pecundang yang kuat secara politik.