Find Us On Social Media :

Nasi Sudah Jadi Bubur, Kereta Cepat Kuras APBN dan Tumpuk Utang dari China, Padahal Mahathir Sudah Peringatkan Ini Usai Negaranya Jadi Korban Utang Tiongkok

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 17 Desember 2021 | 19:20 WIB

Presiden Joko Widodo

Intisari-Online.com - Mahathir bin Mohamad yang mundur sebagai PM Malaysia pada 2020 lalu, pernah memberikan peringatan keras bagi negara manapun yang berhutang ke China.

Bagi Mahathir, utang dari China adalah jebakan.

Saat Mahathir masih menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia, dia berujar jika tak bisa melunasinya maka negara pengutang akan berada di bawah kontrol China.

Waktu itu Malaysia di bawah kontrol China karena pemerintahan Najib Razak mengambil pinjaman ke Negeri Tirai Bambu namun tak bisa dilunasi malah dikorupsi.

Baca Juga: Ancaman China Meningkat, India Tawari Indonesia Rudal BrahMos Rudal Jelajah Anti-Kapal Tercepat di Dunia, Untuk Apa?

Hal ini membuat Mahathir harus pergi jauh-jauh ke Jepang untuk berhutang.

Gali lubang tutup lubang, utangan dari Jepang itu untuk melunasi utang Malaysia ke China.

Mahathir memperingatkan agar negara manapun berhati-hati mengenai potensi jebakan yang bisa menimpa mereka jika tak bisa melunasi pinjaman layaknya Malaysia.

Sementara itu, kini meski menuai banjir kritik dan dinilai melanggar janji yang sudah diikrarkan berulang kali, pemerintah Indonesia bergeming dan tetap mengucurkan duit APBN untuk menambal pembengkakan biaya investasi Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Baca Juga: China Sebut AS Sudah Begitu 'Sembrono dan Sesat,' Tiongkok Ancam Lakukan Serangan Balik Lantaran Amerika Melakukan Hal yang Dianggap Merugikan Ini