Find Us On Social Media :

Kisah Ludwig II, Raja Gila dari Kerajaan Bavaria yang Terlilit Hutang karena Kecintaannya pada Seni, Nekat Mengakhiri Hayat dengan Cara Tak Wajar Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 10 Desember 2021 | 08:34 WIB

Ludwig II, raja gila dari Kerajaan Bavaria (1845-1886)

Intisari-Online.comRaja Ludwig II dikenal sebagai raja gila karena kecintaannya terhadap seni hingga mengosongkan kas kerajaan Bavaria dan membuatnya terlilit utang.

Raja Ludwig lahir Agustus 25, 1845 Nymphenburg Palace, Munich-meninggal 13 Juni 1886, Starnberger See, Bavaria).

Semasa pemerintahannya, dia membawa wilayah kekuasaannya ke dalam Kekaisaran Jerman yang baru didirikan (1871) tetapi hanya sesekali memperhatikan urusan negara.

Dia lebih memilih kehidupan pengasingan yang semakin tidak wajar dan mengembangkan mania untuk proyek-proyek pembangunan yang boros.

Baca Juga: Berkuasa Dua Abad Lebih, Dipercaya yang Lahirkan Raja-raja Pajajaran, Sriwijaya, dan Majapahit, Inilah Kerajaan Salakanagara, Cikal-Bakal Suku Sunda

Ludwig adalah putra sulung Raja Maximilian II dari Bavaria dan Marie dari Prusia.

Secara politis, dia naik takhta setelah kematian ayahnya pada tahun 1864 sebelum menyelesaikan studinya.

Ludwig memasuki Perang Tujuh Minggu (1866) di pihak Austria tetapi, pada kekalahannya, menandatangani aliansi dengan Prusia (1867).

Pada bulan Desember 1870, atas prakarsa Bismarck, Ludwig mengirimkan surat kepada pangeran Jerman yang menyerukan pembentukan kerajaan baru.

Baca Juga: Ada yang Tergila-gila dengan Kudanya hingga Gemar Lakukan Penyiksaan Sadis, Ini 3 Raja Gila dalam Sejarah Kerajaan Kuno, Kisahnya Bikin Geleng-geleng Kepala